Figure Blog

Pentingnya Loyalty Program untuk Bisnismu!

15 Apr 2021

Mempertahankan adalah hal yang lebih sulit daripada meraih - Kalimat tersebut tampaknya berlaku dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya bisnis. Membangun bisnis memang bukan perkara enteng, sebab kita selalu butuh konsep matang, modal yang cukup, sumber daya manusia yang handal, dan strategi serta rancangan pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Namun, mempertahankan bisnis jauh lebih sulit.

 

Ketika bisnismu sudah resmi berjalan, akan begitu banyak tantangan dan tanda tanya hadir di depan mata. Kamu dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan optimal, memproduksi barang dan jasa dengan kualitas yang konsisten dan memuaskan, dan melakukan pemasaran secara konstan dan tepat. Semuanya akan jauh lebih sulit ketika kamu mulai memiliki pelanggan tetap. Kehadiran mereka tentu membuat kita harus memutar otak lebih keras untuk menemukan beragam cara mempertahankan mereka, membuat mereka kembali lagi untuk membeli produk atau menggunakan jasamu.

 

Lalu, ada nggak sih metode atau cara yang paling efektif dan tepat untuk digunakan ketika tiba waktunya bagi kita untuk mempertahankan pelanggan tetap?

 

Manjakan Pelanggan dengan Loyalty Program!

Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh bisnis sekarang ini adalah loyalty program. Sesuai namanya, program ini memberikan beragam kemudahan dan insentif berupa diskon, hadiah, dan berbagai bonus yang atraktif bagi pelanggan tetapmu.

 

Loyalty program menawarkan sejumlah kelebihan yang bukan hanya dapat membantumu mempertahankan pelanggan setia, tetapi juga mendongkrak bisnismu ke level yang lebih baik :

1. Meningkatkan citra bisnismu di mata pelanggan setia dan pelanggan baru.

Dengan menerima berbagai reward dan bonus dari loyalty program, banyak orang akan cenderung terpuaskan dan perlahan memberikan testimoni dan ulasannya terkait bisnismu. Hal ini tentunya mampu meningkatkan image bisnismu menjadi lebih positif.

2. Menambah jangkauan exposure

Loyalty program membantu mendorong percepatan pemasaran. Artinya, testimoni dan ulasan setiap pelanggan yang menerima reward dari loyalty program akan beredar dari mulut ke mulut, diceritakan baik melalui media digital maupun konvensional, dan dari sini bisnismu bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Membantu membangun relasi yang lebih personal dengan pelanggan.

Loyalty program bukan hanya merupakan media yang dapat dipakai untuk meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih intim dan dekat dengan pelangganmu.

 

Starbucks yang Memanjakan Pelanggannya

Bicara soal loyalty program, maka tak lengkap jika kita tidak bicara soal salah satu perusahaan yang begitu terkenal akan loyalty program-nya - Starbucks. Perusahaan ritel kopi terbesar di dunia ini sukses memikat banyak kalangan melalui loyalty program yang efektif dan atraktif. Lantas, apa yang membuatnya berhasil?

 

 

Starbucks memiliki program yang disebut sebagai Starbucks Rewards, yang pada dasarnya menggunakan sistem stars yang harus dikumpulkan oleh pelanggan Starbucks, baik menggunakan Starbucks App atau Card. Di beberapa titik perolehan stars tertentu, pelanggan Starbucks bisa memperoleh benefit yang berbeda-beda setiap titiknya, entah itu berupa tambahan topping, kopi gratis, minuman handcrafted pilihan, hingga sandwich dan merchandise spesial Starbucks. Uniknya, Starbucks merancang program ini dengan tambahan games-games menarik, penawaran khusus, dan Double Star Day yang memancing pelanggan untuk terus berbelanja di Starbucks demi memperoleh lebih banyak stars.

 

Dalam program ini, Starbucks juga menambahkan elemen personal dalam loyalty program-nya. Pelanggan dapat melakukan pemesanan secara custom dengan memilih untuk diantar ke titik lokasi yang dipilih atau mengambil sendiri di gerai pilihannya. Di samping itu, Jika seorang pelanggan berulang tahun tepat di saat ia sedang berbelanja di Starbucks, maka si pelanggan dapat memperoleh minuman atau makanan gratis sesuai dengan pilihannya.

 

Belajar dari kesuksesan Starbucks dan loyalty program-nya, kamu perlu ingat dua hal : Loyalty program harus dirancang sekreatif dan seatraktif mungkin untuk tetap dapat mempertahankan pelanggan setiamu dan menjadikannya sebagai alat untuk mempererat relasi bisnismu dengan para pelangganmu. Dampaknya, terjadilah mutualisme : dimana kita dapat mempertahankan pelanggan setia, dan pelanggan setiamu semakin mendekat dan puas dengan apa yang bisnismu sajikan kepadanya.

 

Untuk kamu yang sedang memikirkan strategi yang efektif untuk mempertahankan pelanggan setiamu, loyalty program bisa jadi jalan keluar terbaik. Bukan hanya membantumu mengurangi ongkos pemasaranmu demi menggaet pelanggan baru, tetapi juga sebagai media komunikasi dan relasi dengan pelanggan setiamu. 

Contact Us