Figure Blog

Price Skimming: Strategi Penetapan Harga Terbaik untuk Maksimalkan Keuntungan!

10 Jul 2023

Memasang harga produk yang murah tidak selalu bikin penjualan produkmu sepi. Faktanya, dengan memasang harga produk murah, kamu tetap bisa mendongkrak volume penjualan produkmu dan bikin keuntungan kamu jadi maksimal.

Caranya adalah dengan menggunakan strategi penetapan harga price skimming. Apa maksudnya dari strategi tersebut dan bagaimana penerapannya?

Mengenal Strategi Price Skimming

Strategi price skimming adalah strategi penerapan harga yang dilakukan oleh suatu usaha di mana usaha tersebut akan memasang harga yang sedikit lebih mahal ketika produk dirilis. Lalu, harga tersebut akan diturunkan perlahan seiring waktu yang berjalan.

Artinya, perubahan harga jadi lebih murah akan terjadi seiring waktu berlalu.

Cara Kerja Price Skimming

Cara kerja dari strategi price skimming tergolong sederhana.

Ketika kamu merilis produk baru, kamu perlu memasang harga yang lebih mahal dari kompetitor atau harga pasar. Cara ini dipakai untuk menarik perhatian pelanggan setia dan orang-orang yang berminat dengan produkmu. Di sisi lain, cara ini akan membantu kamu meraih profit margin yang lebih tinggi.

Setelah beberapa saat berlalu, kamu bisa menurunkan harga secara perlahan untuk mulai menarik pelanggan yang lebih mengedepankan harga produk yang terjangkau. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak sales agar penjualan jadi lebih banyak.

Apa Saja Keuntungan Pakai Price Skimming?

1. Cepat Balik Modal

Karena harga mahal dipasang di awal perilisan produkmu, kamu bisa memperoleh balik modal dengan lebih cepat.

Pasalnya, harga mahal di awal perilisan produk akan membantu kamu meraih keuntungan dengan lebih cepat dan maksimal. Selanjutnya, kamu tinggal fokus saja pada peningkatan jumlah produk yang terjual.

2. Penerapan yang Luwes

Price skimming memungkinkan kamu untuk mengotak-atik harga sesuai dengan kebutuhan usahamu dan kondisi pasar.

Misalnya, apabila kondisi pasar sedang kurang baik, kamu bisa perlahan menurunkan harga sesuai dengan yang diinginkan pasar.

3. Membangun Brand Image yang Lebih Positif

Dengan memasang harga yang lebih mahal di awal, kamu bisa membangun brand image yang berkaitan erat dengan produk yang berkualitas, premium, sampai punya identitas yang lebih eksklusif.

Namun, jangan lupa juga kalau kualitas harus konsisten dengan brand image agar benar-benar bisa memenuhi ekspektasi dan harapan pelanggan.

Pas untuk Usaha Kecil dan Menengah?

Umumnya, strategi penetapan harga price skimming akan cocok untuk digunakan oleh usaha kecil dan menengahmu, dengan catatan usahamu punya posisi  cukup kuat di dalam bidang yang dimasuki, menjual produk specialty atau berkualitas premium, dan punya produk yang niche.

Namun, strategi ini akan kurang atau bahkan tidak cocok sama sekali kalau produkmu ramai akan pesaing atau kompetitor dan nggak menyasar target pasar atau pelanggan menengah ke atas yang punya minat pada produk premium atau niche.

Contact Us