Figure Blog

Prinsip Bisnis Baru ini Akan Bikin Bisnis Kamu Menjulang Tinggi dibandingkan Kompetitor Kamu!

12 Sep 2022

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ramai, sekadar menjadi beda dari kompetitor saja bukan lagi jaminan bahwa produk kamu akan banyak digandrungi dan dibeli oleh masyarakat.

 

Menjadi beda memang akan bikin bisnis kamu lebih mudah dilihat dan stand out dari kompetitor lainnya.

 

Namun, apa jadinya jika produk dari bisnis kamu unik dan berbeda, namun nggak bisa memberikan value dan punya kualitas yang mumpuni untuk benar-benar disukai dan dibeli para pelanggan?

 

Inilah yang harusnya kamu hindari.

 

Sekadar menjadi beda saja nggak akan membawa bisnis kamu kemana-mana.

 

Kamu butuh terapkan prinsip bisnis yang satu ini.

 

Value Produk

Sumber: Unsplash.com

Deliver First, Monetize Second

Sekadar menjadi beda dari kompetitor saja bukan lagi jaminan bahwa produk kamu akan banyak digandrungi dan dibeli oleh masyarakat.

 

Prinsip bisnis ini menegaskan bahwa kamu, sebagai pebisnis, harus fokus untuk memberikan dan menyajikan produk (Baik barang maupun pelayanan) dengan value dan kualitas terbaik dan mampu menjadi jawaban atas masalah atau tantangan yang dihadapi pelanggan.

 

Daripada hanya sekadar menambah fitur yang beda dan nggak dimiliki kompetitor kamu untuk bisa menjadi unik, fokuslah juga untuk bikin produk yang mampu benar-benar bekerja untuk pelanggan.

 

Dengan begitu, uang akan datang dengan sendirinya buat bisnis kamu. Penjualan pun akan selalu mengalir terus tanpa kamu harus repot dan capek-capek mengurus marketing dan branding demi mengundang orang membeli produk kamu.

 

Pelanggan kamulah yang akan jadi marketer untuk produk kamu!

Bagaimana Menerapkan Deliver First, Monetize Second?

1. Jadilah Problem Solver

Jadilah sosok yang selalu aktif untuk menjawab kebutuhan dan masalah pelanggan. Tanyakana apa yang mereka butuhkan sebagai seorang pelanggan. Lantas, berikan mereka solusi atas setiap masalah dan kebutuhan mereka melalui produk kamu.

 

Dengan selalu fokus pada usaha kamu untuk memenuhi apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan, lama-kelamaan kamu akan terbiasa untuk dengan mudahnya mengetahui apa yang mereka rasakan dan butuhkan serta mampu menyelesaikan setiap masalah mereka.

2. Fokus pada Value

Janji manis dan pemasaran yang ciamik adalah sesuatu yang sia-sia, jika kamu gagal untuk memberikan value yang mampu memberikan kemudahan dan jawaban buat kehidupan para pelanggan kamu.

 

Bukan berarti pemasaran dan branding yang baik adalah sesuatu yang buruk. Namun, ada baiknya bagi kamu untuk lebih fokus menciptakan produk yang siap memenuhi janji yang kamu buat agar pelanggan puas, bahagia dan merasa terbantu.

3. Bangun Reputasi Brand yang Positif

Dalam berbisnis, reputasi brand yang positif perlu untuk dibangun dan dipertahankan selalu. Hal ini menyangkut nama baik dan citra brand kamu di mata pelanggan.

 

Untuk itu, selalu buat produk dengan kualitas tertinggi dan punya nilai tambah untuk pelanggan.

 

Dengan fokus menciptakan produk terbaik dan solutif untuk pelanggan, kamu akan dengan mudahnya menjadi lebih dekat dengan pelanggan dan bisa perlahan meraih citra yang lebih positif sebagai brand bisnis yang benar-benar mendengarkan kebutuhan pelanggan.

 

Pelanggan kamu pun nggak akan segan-segan untuk mendongkrak bisnis kamu dan membawanya untuk jauh lebih dikenal lagi secara luas.

Contact Us