Figure Blog

Q-commerce: Model Bisnis E-commerce Terbaru yang Serba Cepat dan Menguntungkan!

13 Jul 2023

Sebuah survei tahun 2017 yang dilakukan eFulfillment Service, sebuah perusahaan fulfillment untuk online store mengungkap fakta menarik: 97% orang menganggap bahwa pengiriman yang cepat adalah pengiriman same day.

Dari hasil survei ini, dapat dipahami bahwa kebutuhan pelanggan untuk menerima produk dengan cepat sangatlah tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kamu membutuhkan sistem atau model terkini dalam menjalankan usaha, yakni q-commerce atau quick commerce.

Seperti apa sistem quick commerce bekerja? Apa saja kelebihan dan kekurangannya untuk usahamu?

Berkenalan dengan Model Bisnis Q-commerce

Q-commerce atau quick commerce dalah model bisnis online yang berakar dari e-commerce. Model bisnis ini bekerja berdasarkan permintaan pasar untuk pengiriman produk yang cepat.

Kecepatan pengiriman dalam sistem quick commerce memungkinkan pengiriman produk dilakukan dalam hitungan jam atau di hari yang sama setelah pelanggan melakukan pemesanan.

Ciri Khas Q-commerce

Pengiriman produk yang begitu cepat hanyalah satu ciri dari sekian banyak ciri khas dari model bisnis quick commerce. Ciri khas lainnya antara lain:

1. Order Tracking Lebih Detail

Seperti halnya e-commercequick commerce juga memiliki order tracking. Namun, sistem untuk melacak pesanan di quick commerce terbilang lebih memudahkan pelanggan.

Sebabnya, pelanggan bisa mengecek posisi kurir atau driver yang mengirimkan produk, yang mana ini cukup berbeda dengan pengiriman biasa di mana pelanggan hanya bisa mencari tahu posisi produk atau kurir lewat nomor resi atau status pengiriman.

2. Proses Belanja Lebih Nyaman

Kehadiran quick commerce membuat pengalaman belanja lebih berbeda dan nyaman. Pelanggan yang butuh produk tertentu dalam waktu cepat bisa langsung memesannya dan produk akan dikirimkan di hari yang sama saat pemesanan dilakukan.

3. Bisa Diandalkan

Pengiriman produk yang cepat membuat quick commerce sangat bisa diandalkan oleh banyak pelanggan, terutama pelanggan yang butuh produk dalam waktu cepat atau sifatnya urgent.

Cara Kerja Q-commerce

Quick commerce sejatinya punya cara kerja yang serupa dengan e-commerce. Seperti yang telah disebutkan, perbedaannya sendiri hanya terletak pada proses pengirimannya saja. Mesk begitu, hal ini memengaruhi cara kerja dari quick commerce.

Berbagai usaha yang mengandalkan Quick commerce bekerja dengan memfokuskan diri pada berbagai produk yang punya demand tinggi dan bisa dipindahkan dalam waktu cepat, seperti produk makanan dan minuman.

Ketika pelanggan melakukan pemesanan di toko yang menggunakan quick commerce, toko tersebut akan segera mengemas produk untuk dikirimkan oleh kurir.

Kurir yang bisa menerima pesanan umumnya adalah kurir yang jarak dengan toko dan tujuan pengiriman tidak terlalu jauh. Ini dimaksudkan agar waktu penjemputan dan pengiriman produk tidak terlalu lama.

Setelah kurir menjemput produk untuk dikirimkan kepada pelanggan, pelanggan bisa melakukan tracking pesanan dengan fitur order tracking.

Ilustrasi Kurir Mengirimkan Paket dengan CepatSumber: Freepik

Keuntungan Model Bisnis Q-commerce

1. Prosesnya Cepat

Sesuai namanya, kecepatan tentu saja jadi salah satu hal yang bikin unggul model bisnis ini.

Pelanggan bisa melakukan pemesanan dengan segera, pengiriman bisa dilakukan hanya dalam beberapa jam saja atau same day. Pada akhirnya pelanggan bisa menerima pesanan dalam waktu singkat. 

2. Meningkatkan Kualitas Layanan

Salah satu hal yang jelas terasa dampaknya ketika kamu memutuskan menerapkan quick commerce untuk usahamu adalah adanya peningkatan kualitas layanan.

Dengan menyediakan cara belanja yang mudah dan cepat, kamu bisa melayani lebih banyak pelanggan yang ingin berbelanja dengan cepat dan sedang dalam kondisi urgent. Akibatnya, pengalaman pelanggan dalam berbelanja jadi makin baik.

3. Mempermudah Banyak Pihak

Dalam prosesnya, quick commerce akan bikin hidup banyak orang jadi lebih mudah.

Dari sisi pelanggan, mereka bisa membeli produk lebih cepat, terlebih lagi ketika kondisi mendesak.

Dari segi kurir, mereka bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan dari pekerjaan pengiriman produk yang cepat.

Dari sudut pandang kamu sebagai pemilik toko, kamu bisa mendapatkan lebih banyak penjualan dari pelanggan yang ingin membeli produk dengan cepat.

Kekurangan Model Bisnis Q-commerce

1. Butuh Sumber Daya Lebih

Untuk menjalankan model bisnis quick commerce, tantangan terbesarnya adalah kebutuhan akan sumber daya yang lebih banyak.

Sumber daya ini meliputi banyak hal, mulai dari lebih banyak tenaga kerja, sistem, sampai dengan modal yang dibutuhkan. Di sisi lain, kamu perlu memastikan agar semua sumber daya tersebut siap dan prima untuk menghadapi tingginya permintaan.

2. Persaingan yang Ketat

Karena kemudahan dan kecepatan yang ditawarkannya, tidak sedikit pengusaha di q-commerce yang memutuskan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra delivery yang menawarkan sistem instant dan same day.

Efeknya, usahamu harus bersaing dengan lebih intens untuk meraih target pasarnya.

Kesimpulan

Quick commerce bisa jadi model bisnis yang kamu integrasikan ke dalam bisnis atau usahamu. Kalau memang target pasarmu adalah orang-orang yang membutuhkan produkmu dalam waktu singkat, maka dijamin usahamu akan sangat berkembang dengan model quick commerce.

Yang jelas, kamu harus memastikan bahwa usahamu punya sumber daya yang benar-benar siap menghadapi tingginya dan cepatnya permintaan pelanggan.

Contact Us