Figure Blog

Rekrutmen Pegawai Cepat dan Tepat, Inilah 6 Tips Melakukannya!

9 Feb 2023

Rekrutmen pegawai adalah suatu proses yang sangat memakan tenaga dan tentunya, waktu.

Pasalnya, menemukan seorang pegawai dengan kepribadian dan keahlian yang tepat dengan kebutuhan kamu seperti mencari jarum di dalam jerami - Sulitnya bukan main!

Namun, kalau kamu ingin memperoleh pegawai dalam waktu cepat dan cocok dengan kebutuhan usaha kamu, beberapa tips berikut ini bisa kamu ikuti.

Beginilah 6 Tips Rekrutmen Pegawai dengan Cepat dan Tepat!

1. Lakukan Group Interview

Interview atau wawancara kandidat telah menjadi tahapan standar untuk diterapkan di dalam proses rekrutmen. Namun, interview yang biasanya dilakukan satu per satu cenderung memakan waktu dan tenaga.

Untuk mengakalinya, group interview bisa kamu terapkan. Melalui group interview, kamu bisa mewawancarai lebih dari satu orang sekaligus. Dalam group interview, kamu juga bisa membandingkan dan memberikan penilaian atas jawaban dan pandangan setiap kandidat atas tiap pertanyaan.

Selain tetap bisa memperoleh individu yang tepat, kamu juga bisa melakukan proses rekrutmen dengan cepat.

2. Coba Berikan Trial

Kalau kamu masih ragu dengan hasil interview secara lisan dari setiap kandidat, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memberi mereka kesempatan untuk uji coba.

Uji coba ini meliputi mengerjakan job description dari posisi yang mereka lamar selama durasi tertentu, misalnya 1 - 2 minggu. Dari sini, kamu akan tahu bagaimana hasil pekerjaan mereka dan lebih mudah mengetahui siapa yang paling sesuai untuk posisi tersebut.

3. Fokus pada Potensi

Pengalaman memang menjadi sesuatu yang krusial untuk dipertimbangkan dalam proses rekrutmen. Meski begitu, kamu boleh coba mencari orang-orang yang punya potensi meski minim pengalaman.

Risiko dari pilihan ini adalah proses trial and error yang akan mereka lalui. Mereka akan melakukan kesalahan dan kamu perlu memahami bahwa kesalahan tersebut dikarenakan minimnya pengalaman.

Perlahan, orang-orang yang kamu telah rekrut akan belajar dari pengalaman dan mulai bertumbuh menjadi orang-orang yang nggak hanya punya keahlian baik, namun juga punya pengalaman dan telah melalui asam garam pekerjaannya.

Wawancara Kerja untuk Rekrutmen Pegawai

Sumber: Freepik

4. Gunakan Tools yang Tepat

Sekarang ini, sudah tersedia banyak tools dan channels yang mempermudah kamu untuk mencari kandidat yang tepat dengan cepat.

Kamu bisa menjelajahi LinkedIn yang punya database lengkap hingga mengunggah lowongan di media sosial seperti Instagram.

Di sisi lain, kamu juga bisa membuat proses respons lamaran kandidat jadi lebih otomatis sehingga mempercepat tingkat respons terhadap kandidat. Alhasil, kandidat yang telah mengirimkan email nggak perlu menunggu lama untuk memperoleh respons atau undangan interview

5. Minta Saran dari Staf Kamu

Salah satu cara yang cepat, efektif, dan tergolong murah dalam proses rekrutmen pegawai baru adalah meminta saran atau referensi dari staf yang sudah lebih dulu bekerja untukmu.

Coba tanyakan kepada mereka apakah mereka punya teman atau saudara yang mereka anggap ideal untuk usahamu dan bisa mereka ajak untuk bergabung. Selanjutnya kamu tinggal melakukan interview atau trial untuk membuktikan referensi yang diberikan staf kamu.

 Melalui cara ini, kamu nggak perlu habis banyak waktu mencari kandidat untuk posisi tertentu.

6. Lakukan Rehiring

Salah satu alternatif rekrutmen pegawai yang cepat untuk kamu terapkan adalah dengan melakukan rekrutmen ulang untuk pegawai lama kamu yang kamu anggap masih layak atau berkualitas untuk direkrut.

Tips yang satu ini bukan hanya cepat, tetapi juga tepat. Pasalnya, kamu sudah mengetahui seperti apa kepribadian, kualitas, hingga pengalaman mereka. Kamu hanya perlu menghubungi mereka melalui kontak yang sudah kamu punya.

Contact Us