Figure Blog

Review Bintang Lima bukan Satu-satunya Penentu Pertumbuhan Bisnis. Apa Faktor Lain yang Menentukan?

12 Sep 2022

Masuknya banyak review bintang lima untuk bisnis atau produk kamu adalah sebuah kabar yang begitu menggembirakan. Artinya, para pelanggan kamu sudah merasa puas dan senang dengan apa yang mereka beli dari kamu.

Namun, jangan jumawa dulu ya, Stockers!

Coba cari tahu kapan terakhir kali bisnis kamu dapat review bintang lima. Apakah itu satu bulan yang lalu? Tiga bulan yang lalu? Atau, enam bulan yang lalu?

Kalau justru review yang terakhir kali bisnis kamu dapat sudah cukup berumur, itu berarti kamu harus cemas.

Karena nyatanya, jumlah review nggak jadi satu-satunya faktor yang menentukan pertumbuhan bisnis kamu. Ada faktor lain yang nggak boleh sampai kamu lupakan!

Review Bintang Lima dari Pelanggan

Sumber: Freepik.com

Perhatikan Kebaruan Review Pelanggan

Faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengetahui seberapa bertumbuhnya bisnis kamu adalah review recency.

Review recency adalah istilah untuk menggambarkan seberapa baru review yang kamu terima dari pelanggan untuk bisnis atau produk kamu. Review recency merupakan faktor yang begitu penting dan menentukan bagaimana bisnis kamu bertumbuh dan berkembang selama perjalanannya.

Dalam riset yang telah dilakukan Power Reviews, terungkap bahwa 61% orang menganggap bahwa review yang lebih baru dan segar merupakan sesuatu yang penting ketika akan membeli suatu produk. Lebih lanjut lagi, jika dikerucutkan, didapatkan juga bahwa 77% orang memilih untuk melihat review yang usianya 3 bulan atau kurang dan 44% orang memilih untuk melihat review yang usianya maksimal 1 bulan.

Masih menurut Power Reviews, ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa seseorang menyukai review yang masih baru dan segar.

Pertama, review yang masih baru dianggap punya pembahasan yang lebih akurat untuk dibaca.

Selain itu, review yang masih baru dan segar dianggap memiliki informasi dan konten yang lebih relevan bila dibandingkan review yang sudah hadir sejak lama.

Lebih lanjut lagi, review yang baru dapat menciptakan trust dan rasa percaya diri dalam diri pelanggan yang akan membeli suatu produk karena unsur kebaruan dan sifat review yang masih up to date.

Strategi Memperoleh Review yang Baru dan Segar dari Pelanggan

1. Utamakan Kualitas Review

Review yang berkualitas dari pelanggan bukan hanya review yang sekadar memberi rating bintang lima saja. Review yang berkualitas adalah review yang mampu membahas suatu bisnis atau produk secara detil, mudah dipahami, dan dapat menjadi referensi bagi orang-orang lain yang ingin membeli produk tersebut. Agar lebih dapat dipercaya juga, review juga bisa disertakan dengan foto atau video produk atau tempat yang jelas.

Singkatnya, carilah review yang benar-benar bisa menjelaskan bisnis atau produk yang kamu punya dan jual. Ada baiknya kamu memiliki sejumlah review yang benar-benar mampu menggambarkan bisnis atau produk kamu dibandingkan memiliki ratusan review namun nggak jelas dan sulit dipercaya. Jika kamu bisa meraih jumlah review yang banyak dengan kualitas yang baik, tentunya itu akan sangat baik!

2. Mudahkan Pelanggan Memberikan Review

Nggak semua pelanggan mau memberikan review mengenai produk atau bisnis kamu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti minimnya dorongan atau trigger untuk menndorong pelanggan melakukan review hingga merasa bahwa melakukan review adalah sebuah kegiatan yang menghabiskan waktu mereka. Agar pelanggan nggak merasa seperti ini, kamu perlu memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat memberikan review.

Kamu bisa mulai dengan menyederhanakan proses review dengan menggunakan QR Code. Pelanggan cukup buka smartphone dan scan QR Code yang kamu sediakan. Pelanggan kamu pun bisa memberikan review dengan mudah dan cepat.

Selain itu, untuk mendorong pelanggan memberikan review, cobalah untuk memberikan insentif berupa voucher diskon atau reward khusus. Kamu juga bisa memberikan reward untuk satu review terbaik di setiap bulannya.

Memperoleh review bintang lima memang jadi sesuatu yang diimpikan oleh setiap pebisnis. Namun, ada baiknya juga agar review yang kamu terima bisa up to date dan punya kualitas sehingga benar-benar bisa dipercaya oleh orang lain yang akan membeli produk kamu.

Contact Us