Figure Blog

Rule of Three, Trik Simpel Bikin Marketing Bisnis Kamu Naik Level!

27 May 2022

Marketing atau pemasaran untuk bisnis adalah soal memberikan pengaruh ke aspek psikologis pelanggan sehingga tertarik kepada suatu bisnis atau produk yang dijual olehnya. Pengaruh tersebut diberikan melalui setiap konten yang diberikan kepada pelanggan. Agar konten pemasaran yang ingin kamu berikan kepada pelanggan maupun calon pelanggan kamu punya dampak yang hebat, ada begitu banyak trik pemasaran yang bisa kamu coba.

Salah satu trik pemasaran itu sangat simpel dan cuma butuh angka tiga (3).

Apa maksudnya? Yuk simak pembahasan kali ini ya!

Kenapa dengan Angka 3?

Dalam sejarah manusia, angka 3 dianggap sebagai angka yang paling baik atau paling pas dalam menyampaikan sesuatu. Angka 3 pun dianggap sebagai angka yang memungkinkan manusia untuk mengingat sebuah pola dan membuat sebuah informasi atau konten menjadi memorable, terlebih lagi di dunia bisnis dan pemasaran. Alhasil, pola rule of three banyak diadopsi sebagai trik pemasaran atau marketing yang simpel namun efektif untuk pemasaran bisnis.

Sekarang mari kita lihat contoh sederhananya.

Apa kamu pernah dengar slogan reduce, reuse, recycle? Ada berapa kata yang ada di slogan tersebut? Tiga kata.

Sekarang bagaimana dengan slogan dari Nike? Just do it. Tiga kata juga.

Atau, bagaimana dengan pilihan ukuran minuman di Starbucks? Tall, grande, venti. Ada tiga jumlahnya.

Sampai kamu akhirnya sadar bahwa ada tiga contoh yang diberikan dengan masing-masing tiga kalimat di setiap contoh.

Setelah kamu membaca beberapa contoh di atas, bagaimana? Semuanya tentu mudah diingat, mudah diproses oleh pikiran, dan juga sangat mudah dipahami ketika kamu membacanya.

Hal ini membuktikan bahwa pola rule of three yang mengandung 3 komponen atau 3 kata di dalamnya mampu memberikan dampak buat psikologis manusia.

Terlebih lagi, trik pemasaran bisnis ini sudah diterapkan oleh banyak bisnis besar di dunia dalam melakukan pemasaran atau marketing hingga digunakan dalam sejarah terdahulu untuk menyampaikan pesan khusus dalam pidato. Sebuah konten yang berisi informasi yang lebih rumit pun jadi sederhana dan mudah dicerna.

Bagaimana Penerapan Rule of Three untuk Pemasaran Bisnis?

1. Konten Media Sosial

Rule of three bisa coba kamu terapkan saat membuat konten untuk media sosial kamu.

Misalkan kamu ingin membuat konten yang ingin menjawab permasalahan pelanggan. Kamu bisa menerapkannya mulai dari judul konten atau jumlah slides konten yang ingin kamu sajikan.

Jika kamu fokus untuk menerapkannya di jumlah slides atau konten carousel, coba gunakan konten PAS (Problem, Agitate, Solution), di mana di slide 1 kamu sajikan dulu masalah yang dialami pelanggan, slide 2 mengandung ketidaknyamanan yang dialami pelanggan karena masalah yang terjadi di slide 1, baru kamu berikan jawabannya di slide 3. Konten kamu jadi nggak terlalu panjang dan mudah dicerna oleh pelanggan!

2. Slogan atau Tagline

Sebagian besar bisnis tentu memiliki slogan atau tagline. Komponen ini digunakan untuk memudahkan suatu bisnis dalam melakukan pemasaran mengenai bisnis atau produk mereka.

Nggak hanya itu, slogan atau tagline juga mampu memberikan pelanggan gambaran tentang apa tujuan bisnis yang ingin kamu capai. Alhasil, slogan atau tagline adalah media pemasaran bisnis yang efektif dan juga ampuh.

Agar slogan atau tagline kamu semakin ampuh untuk menjalankan fungsi marketing atau pemasaran, rule of three adalah trik pemasaran yang pas untuk bikin pelanggan semakin ingat sama bisnis kamu.

Contohnya bisa kamu lihat di slogan Nike di atas atau bagaimana KFC menggunakan slogan Finger Lickin' Good untuk menunjukkan bagaimana sajian menu makanan mereka begitu lezat sampai kamu bisa menjilat jari-jemari kamu meski makanannya sudah habis.

Simpel, efektif, dan mudah diterapkan - rule of three adalah trik marketing bisnis yang siap membantu bisnis kamu meroket dan naik level. Pelanggan dan calon pelanggan dijamin jadi terkesima dan lebih tertarik untuk tahu lebih banyak hingga mencoba bisnis kamu!

Contact Us