Figure Blog

Saatnya Ubah Followers Kamu Jadi Pelanggan Setia!

24 Nov 2021

Punya banyak followers untuk media sosial bisnis kamu di rasa-rasanya adalah salah satu hal yang bikin kamu senang bukan kepalang. Artinya, semakin banyak orang yang jadi tahu tentang bisnis kamu dan bisnis kamu jadi bisa dibagikan ke orang-orang yang belum tahu. Tapi, itu baru awal.

Masalahnya, banyak followers untuk media sosial bisnis kamu tidak menjamin mereka akan membeli produk kamu, mengunjungi toko kamu, atau bahkan jadi pelanggan setia. Ada yang follow saja, dan ada yang follow dan membeli sekali, lalu tidak pernah terdengar lagi. Oleh karenanya, senang karena bisnis kamu punya banyak followers itu nggak masalah, tapi jangan sampai kamu lupa akan langkah selanjutnya : mengubah mereka jadi pelanggan setia kamu yang akan terus balik ke kamu lagi.

 

 

Untuk itu, kali ini, kami bagikan 4 cara yang ampuh dan mudah kamu terapkan untuk bikin followers kamu jadi pelanggan yang loyal!

 

1. Lakukan Analisa Konten

Aktivitas media sosial bukan cuma sekadar posting konten sesering mungkin, tapi juga posting konten yang tepat di waktu yang tepat dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan followers kamu. Kamu harus cari tahu jenis konten yang bikin mereka tertarik. Kamu bisa lakukan trial & error terlebih dahulu atau lakukan riset langsung ke pasar. Namun, satu hal yang kamu ingat : Setiap media sosial tentunya memiliki preferensi konten dan target pasar yang berbeda. Instagram tentunya akan punya gaya konten dan jenis pengguna yang berbeda dengan Facebook dan Twitter. Yang kamu perlu lakukan adalah gimana kamu bisa menyesuaikannya dengan hal tersebut.

 

2. Tingkatkan Engagement

Engagement yang baik dibangun dengan gimana kamu berinteraksi dua arah dengan followers kamu. Kamu bisa mulai dengan like opini mereka di kolom komentar atau membalas komentar mereka hingga berdiskusi dengan mereka di kolom chat atau direct message. Ajak mereka juga untuk menuangkan harapan dan request mereka soal bisnis kamu. Dengan interaksi yang sederhana namun terkesan intim, followers kamu akan merasa bahwa kamu peduli dan menaruh perhatian kepada opini dan pendapat mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai sebagai pengikut dari bisnis kamu. Bukan tidak mungkin kalau mereka akan pelan-pelan mulai mengunjungi bisnis kamu hingga mulai mencoba produk kamu.

 

 

3. Berikan Penawaran Menarik

Penawaran yang baik tidak hanya tentang diskon besar-besaran atau cashback dimana-mana, tetapi juga gimana kamu mengemas penawaran tersebut dengan menarik dan berkesan. Salah satu contoh paling sederhana yakni gimana banyak kedai kopi saat ini menawarkan potongan harga untuk pelanggan yang membawa botol minum atau tumbler pribadi untuk menekan penggunaan gelas plastik dan paper cup yang membahayakan lingkungan, atau promo diskon umur yang diterapkan oleh D’Cost, salah satu restoran seafood ternama Indonesia, di mana kamu bisa dapat diskon sesuai usia kamu dengan hanya membawa KTP sebagai persyaratannya. Penawaran kamu nggak perlu sampai bombastis; Bikin satu yang berkesan dan punya alasan yang kuat sehingga followers kamu menaruh perhatian pada bisnis kamu.

 

4. Kuncinya : Konsisten

Semua cara di atas, penawaran menarik yang kamu berikan, engagement yang kamu ciptakan, jika tidak konsisten dan ogah-ogahan, maka semua hanya akan runtuh dan tidak ada artinya. Kuncinya hanya satu : Konsistensi. Setiap ada pesan masuk, balas. Setiap ada permintaan, diskusikan. Setiap ada kritik, terima dengan terbuka. Penuhi setiap janji yang kamu berikan ke mereka. Konsistensi adalah dasarnya!

 

Mengubah seseorang jadi pelanggan yang loyal bermodalkan media sosial nggak bisa kamu pikir mudah. Teknologi dan segala fiturnya yang mumpuni jangan kamu pikir bisa memudahkan semuanya dengan satu dua kali klik. Selalu butuh konsistensi dan iterasi alias uji coba terus-menerus untuk bisa menerapkannya dengan optimal, hingga pada akhirnya mereka nggak hanya tahu soal bisnis kamu, tapi jadi pelanggan kamu yang setia!

 

Contact Us