Figure Blog

Satu Tips Rahasia ini Bikin Rekrutmen Pegawai untuk Bisnis Kamu Jauh Lebih Mudah!

16 Sep 2022

Rekrutmen pegawai adalah salah satu bagian dalam bisnis yang mungkin paling menyita waktu, usaha, dan biaya kamu sebagai pebisnis (Selain merancang konsep bisnis dan mengelola keuangan tentunya). Nggak setiap waktu kamu akan mendapatkan seorang yang cocok untuk jadi pegawai buat bisnis kamu. Terlebih lagi, di masa sekarang ini, sulit mendapatkan pegawai yang benar-benar cocok dengan yang kamu inginkan dan mampu memberikan performa di atas rata-rata.

Namun, dengan satu tips ini, masalah yang tadi telah disebutkan bisa selesai dengan mudah dan sekejap mata!

Tips Rahasia Memperoleh Pegawai: Merekrut Pelanggan Sendiri!

Ketika kamu kesulitan mencari pegawai, bahkan sudah mengiklankan lowongan kerja di berbagai media, namun justru memperoleh kandidat yang kamu rasa kurang pas, maka kamu bisa mempertimbangkan pelanggan setia kamu sendiri untuk kamu rekrut menjadi pegawai kamu.

 

Alasannya? 

 

Sederhana saja. Pelanggan setia kamu bisa dibilang sebagai orang kedua yang mengenal bisnis kamu secara mendalam dan dekat selain kamu sendiri sebagai pemilik bisnis. Ia pun umumnya sudah mengetahui mengenai bisnis kamu, pelayanan yang kamu berikan, hingga produk apa saja yang kamu sediakan. 

 

Dengan bermodalkan hal ini, pelanggan setia bisa kamu jadikan pertimbangan untuk direkrut sebagai pegawai kamu.

 

Tapi, nggak semua pelanggan setia kamu bisa jadi pegawai kamu.

 

Kamu tetap harus melakukan seleksi dengan teliti dan cermat.

 

Untuk itu, mari melihat ciri-ciri pelanggan yang bisa kamu rekrut untuk jadi pegawai di dalam bisnis kamu!

Ciri-ciri Pelanggan yang Cocok jadi Pegawai Kamu!

1. Mampu Membangun Relasi

Ciri pertama yang harus dimiliki adalah kemampuannya membangun relasi dengan pelanggan lainnya. Melalui kemampuan ini, ia akan bisa membangun kedekatan yang lebih baik dengan para pelanggan lainnya dan menciptakan sense of community yang kuat.

 

Dampaknya, tumbuh rasa kebersamaan dan kedekatan yang begitu kental. Relasi yang ada pun bukan hanya sekadar relasi antara pegawai dan pelanggan, melainkan seperti seorang teman yang sudah akrab.

 

Melalui kondisi seperti ini, mudah bagi kamu untuk menemukan pelanggan setia baru yang lebih banyak.

2. Mampu Membawa Potensi Keuntungan

Ketika pelanggan setia kamu menjadi pegawai kamu, diharapkan bahwa ia bukan hanya sekadar mengerjakan tugas operasionalnya saja. Namun, ia juga harus menjadi marketer alias orang yang memasarkan bisnis dan produk kamu kepada orang-orang terdekatnya.

 

Ia dapat menceritakan dan berbagi mengenai bisnis tempat ia bekerja kepada teman-teman dan keluarganya. Dengan metode word of mouth seperti ini, pemasaran akan jauh lebih mudah dan efektif. Kamu pun nggak harus buang-buang uang untuk pemasaran yang lebih jor-joran.

3. Ingin Terjun ke Dalam Bisnis Kamu

Hal terakhir sebelum kamu merekrut pelanggan setia kamu ke dalam bisnis kamu, selalu tanyakan terlebih dahulu:

 

“Apakah ia benar-benar berminat di dalam bisnis ini?”

 

Ketika seseorang sudah memiliki minat dalam suatu bisnis atau industri, melebihi ketika ia menjadi seorang pelanggan yang hanya menyukai produk kamu, maka itu adalah pertanda yang baik. Memiliki minat akan sesuatu berarti seseorang akan meluangkan waktu dan tenaga yang ia punya untuk belajar dan mengembangkan dirinya untuk sesuatu tersebut.

 

Oleh karenanya, orang yang sudah memiliki minat untuk terjun ke dalam bisnis kamu selalu layak untuk kamu berikan kesempatan.

Contact Us