Figure Blog

Seberapa Efisien Kinerja Gudang Kamu? Gunakan 2 Cara Ini untuk Mengukurnya!

12 May 2023

Kinerja gudang yang efisien adalah nikmat tersendiri bagi suatu usaha.

Dengan gudang yang efisien, memenuhi pesanan pelanggan akan terasa lebih mudah, cepat, membawa kamu pada potensi profit yang lebih besar.

Untuk itu, adalah sesuatu yang krusial untuk mengetahui seberapa efisien kinerja gudang kamu. Lantas, bagaimana untuk mengukurnya? Simak pembahasan berikut ini dulu ya!

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengukur Efisiensi Gudang Kamu

1. Kumpulkan Data

Sebelum melakukan pengukuran atau evaluasi dari efisiensi kinerja gudang kamu, cari dan kumpulkan dahulu data-data yang kamu butuhkan.

Pastikan data-data tersebut berkaitan dengan berbagai aspek atau KPI yang ingin kamu evaluasi sehingga evaluasi efisiensi gudang bisa dilakukan dengan cermat dan akurat.

2. Bicara dengan Pegawai

Selanjutnya, bicara dulu dengan para pegawai kamu yang memang terlibat di bagian pergudangan. Ajak mereka diskusi dan libatkan mereka dalam proses evaluasi ini.

Masukkan dan opini mereka bisa menjadi tambahan yang berharga untuk proses evaluasi kamu dan dapat membantu meningkatkan kinerja mereka di gudang kamu.

2 Cara Mengukur Efisiensi Kinerja Gudang Kamu

1. Audit Gudang

Cara pertama untuk mengukur efisiensi kinerja gudang kamu adalah dengan melakukan audit. Audit di sini merujuk kepada pengamatan dan penilaian atas setiap aspek dan proses kerja yang ada di gudang.

Audit bisa berupa penilaian atas gudang itu sendiri dan peralatan serta perlengkapan yang ada di dalamnya. Di sisi lain, audit pun bisa terkait dengan sistem dan prosedur kerja yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, sampai mengemas stok barang di dalam gudang.

Dengan audit gudang yang cermat, kamu akan bisa menemukan kekurangan dan kesalahan pada gudang kamu dan memberikan solusi terbaik sehingga efisiensi kinerja gudang semakin baik.

2. Evaluasi KPI

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi KPI (Key Performance Indicator).

Sebelum melakukan evaluasi KPI, kamu perlu menentukan berbagai KPI yang ingin kamu ukur dan evaluasi. Memilih KPI yang tepat akan membantu kamu untuk mendapatkan gambaran yang semakin jelas mengenai efisiensi kinerja gudang kamu.

Namun, umumnya, beberapa KPI gudang yang bisa kamu ukur antara lain cycle timelead time, akurasi pengelolaan pesanan, sampai dengan tingkat jumlah stok barang yang kamu punya.

Kesimpulan

Itu tadi merupakan dua cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengukur efisiensi kinerja gudang kamu.

Sudah seyogyanya evaluasi kinerja gudang menjadi bagian yang rutin kamu jalani dalam keseharian kamu mengelola gudang.

Agar lebih mudah dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan sistem yang praktis seperti Onstock. Dengan data yang akurat dan terukur, kamu bisa melakukan evaluasi dengan lebih mudah tanpa takut data-data yang kamu butuhkan jadi nggak akurat!

Contact Us