Figure Blog

Selain Prokes, Yuk Perhatikan 3 Hal Ini Dalam Bisnis Kamu Selama Pandemi!

24 Nov 2021

Keberadaan pandemi melahirkan satu hal baru yang wajib ada di setiap tempat dimanapun kamu berada : prokes alias protokol kesehatan. Setiap tempat diharuskan menyediakan hand sanitizer, mengukur suhu, menyiagakan dan memakai masker dalam setiap operasionalnya, hingga menjaga jarak aman. Kebijakan yang satu ini nggak boleh longgar sedikitpun demi menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan saat bepergian, terutama saat berbelanja.

Meski memang penting, tapi jangan lupakan hal-hal penting lain dalam bisnis kamu ya! Apalagi, kamu harus mulai mengadaptasikan bisnis kamu di situasi dunia yang baru dan berbeda ini. Apa saja hal-hal tersebut?

 

 

1. Cashless payment

Bisnis kamu hanya memakai metode pembayaran cash sebagai satu-satunya metode pembayaran? Ada baiknya untuk ikut menggunakan metode cashless payment. Bukan hanya simpel dan mudah dilakukan, kamu juga bisa meminimalkan kontak fisik pelanggan sehingga mereka nggak khawatir lagi soal urusan higienitas.


2. Digital Apps

Kondisi di masa pandemi semakin nggak terprediksi. Kadang penjualan naik, kadang terjun bebas, Kadang permintaan naik, kadang malah hampir tidak ada permintaan sama sekali. Pelanggan pun jadi makin ingin segala sesuatu berlangsung lebih cepat dan nggak ribet. Semua aspek bisnis punya aplikasinya. Mau aplikasi kasir? Ada banyak aplikasi POS di luar sana. Mau meeting? Ada aplikasi seperti Zoom atau Google Meets. Mau kelola stok tanpa ribet? Ada Onstock yang fiturnya beragam macam.

 

Satu hal lagi : Pastikan juga kalau pemanfaatan setiap aplikasi bisa dilakukan dengan saling terintegrasi dan saling mendukung. Kalau satu aplikasi yang kamu pakai nggak bisa terintegrasi dan mendukung aplikasi lain, coba pikir ulang lagi. Integrasi dan dukungan antar aplikasi jadi sesuatu yang krusial untuk mempermudah dan memaksimalkan proses bisnis kamu.

 

3. E-commerce

Hayo, siapa di sini yang bisnisnya masih belum masuk ke platform marketplace? Keberadaan bisnis kamu di berbagai platform marketplace dan website resmi meningkatkan peluang exposure bisnis kamu ke pasar dan pelanggan yang lebih luas. Keberadaan bisnis kamu di e-commerce atau platform marketplace juga memungkinkan kamu untuk menawarkan beragam cara transaksi dan belanja buat pelanggan kamu. Mau pre-order bisa, mau cash on delivery bisa, mau transfer atau pakai dompet digital pun bisa.

 

Pandemi perlu dipandang sebagai ruang untuk tetap bertumbuh dan berkembang. Meski terkesan berat, selalu ada kesempatan dan peluang yang tersembunyi di baliknya. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memanfaatkan setiap cara untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan aman dengan memanfaatkan setiap cara yang adaptif untuk bisnis kamu.

Contact Us