Figure Blog

Shoppable Video: Pasarkan Produkmu Lebih Efektif dengan Format Video!

7 Dec 2023

Sulit rasanya untuk percaya kalau kita sudah tiba di era di mana orang-orang bisa menawarkan produk melalui media sosial dengan cara live atau melalui video interaktif yang serupa dengan ketika mereka menawarkan produk saat pelanggan ada di toko.

Melalui metode seperti shoppable video, 'dinding' yang membatasi interaksi sebuah usaha dengan pelanggan terasa semakin hilang dan menjual produk tidak pernah semudah ini. Yuk kita kenali lebih dekat tentang shoppable video!

Apa itu Shoppable Video?

Shoppable video adalah sebuah metode pemasaran yang mulai banyak dilakukan oleh sebuah usaha di mana mereka memasarkan dan menjual produk mereka sembari berinteraksi dengan pelanggan mereka di media sosial dengan format live atau video.

Kehadiran metode ini perlahan muncul seiring dengan kehadiran beragam fitur interaktif dan inovatif yang dikembangkan oleh para pengembang aplikasi media sosial populer di dunia, seperti TikTok dan Instagram.

Saat menonton video yang berisi penawaran produk tersebut, pelanggan bisa klik link khusus yang akan membawa mereka ke browser atau ke halaman produk tersebut. Pelanggan pun bisa membeli produk tersebut tanpa perlu repot-repot buka aplikasi eCommerce dulu.

Seefektif Apa Shoppable Video dalam Memasarkan Produkmu?

1. Pengalaman Belanja Jadi Lebih Mudah

Shoppable video menyediakan pengalaman belanja yang lebih baik. Kehadiran link khusus membantu pelanggan tidak perlu keluar dari video atau live hanya untuk melihat halaman produk.

Pelanggan bisa melihat-lihat produk sembari membandingkannya dengan produk yang ditawarkan secara live atau melalui video. Proses pembelian pun lebih mudah karena di halaman produk tersebut pelanggan bisa langsung membeli dan melakukan pembayaran dengan metode yang variatif.

2. Peluang yang Terbuka untuk Mempelajari Pelanggan

Setiap live yang kamu lakukan di media sosial adalah peluang yang begitu berharga untuk mempelajari kebiasaan dan cara pelanggan berinteraksi.

Dari sini, kamu bisa belajar untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan seiring waktu dan memperbaiki cara kamu berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan sesuai dengan perilaku mereka.

Perlahan, merekapun akan betah untuk menonton dan menikmati tayangan live kamu!

3. Lebih Interaktif

Rasanya jenuh kalau pelanggan harus melihat-lihat halaman produk yang berisi gambar statis dan deskripsi produk. Kehadiran fitur shoppable video akan memungkinkan kamu untuk menjual produk dengan cara yang lebih fun dan interaktif.

3 Tips yang Harus Kamu Terapkan saat Membuat Shoppable Video

1. Rajin Bangun Interaksi

Karena menekankan interaksi, kamu harus rajin berkomunikasi dan berbicara dengan para pelanggan yang menikmati tayanganmu.

Ketika kamu rajin berkomunikasi atau sekadar membaca komentar dan masukan pelanggan, mereka akan merasa dihargai sebagai seorang pelanggan dan penawaran yang kamu lakukan jadi tidak terasa monoton.

2. Fokus pada Beberapa Produk Tertentu

Terlalu banyak produk yang kamu tawarkan kepada pelanggan hanya akan menyebabkan kebingungan tersendiri di dalam diri pelanggan. Sebaiknya fokus saja pada beberapa produk saat kamu menjualnya lewat shoppable video.

Kamu bisa menawarkan, misalnya, produk yang baru kamu rilis di bulan tertentu. Kamu juga bisa menyediakan satu sesi khusus untuk menjual produk-produk yang tergolong best seller.

Dengan begini, pelanggan akan lebih mudah mengambil keputusan tentang produk mana yang perlu mereka beli.

3. Bebaslah Berkreasi

Di samping interaksi, kreativitas juga menjadi kunci lain dari keberhasilan shoppable video kamu. Berkreasilah sesuai dengan kemampuan, ciri khas brand, dan kepribadian para pelangganmu.

Ketika konsep yang kamu terapkan selaras dengan semua ini, maka kamu akan lebih mudah menggaet target pelanggan yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Shoppable video memang sudah mulai booming sejak beberapa bulan lalu. Meski begitu, kehadirannya tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

Oleh karenanya, cobalah pertimbangkan untuk menginvestasikan modal dan waktu untuk mengembangkan shoppable video dan menggaet pelangganmu dengan cara yang lebih efektif!

Contact Us