Figure Blog

Shopping Tags: Apa itu dan Bagaimana Memanfaatkannya untuk Jualan Online di Instagram

22 Sep 2023

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa media sosial kini bisa jadi media berbelanja yang begitu memudahkan. Dengan beragam fitur inovatif, pengguna bisa berbelanja tanpa repot, pemilik usahapun bisa menjualnya di mana saja.

Salah satu fitur inovatif tersebut lahir dalam bentuk tag sederhana yang disebut shopping tags. Seperti apa gambaran shopping tags, dan bagaimana kamu bisa menggunakan fitur ini untuk jualan online di Instagram?

Apa itu Shopping Tags?

Shopping tags adalah fitur sederhana yang disediakan oleh Instagram untuk memungkinkan followers usahamu untuk mengetahui informasi lengkap mengenai produk yang kamu unggah di Instagram dan membelinya melalui Instagram.

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini di konten produk yang kamu unggah, followers kamu bisa langsung membeli produk tersebut melalui Instagram tanpa harus membuka aplikasi online store atau marketplace yang mereka punya. Alhasil, pengalaman belanja pun jadi lebih mudah dan praktis.

Fitur ini sendiri sudah lama eksis di Instagram dan bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari usahamu untuk jualan online di Instagram.

Kenapa Harus Menggunakan Shopping Tags?

1. Mengetahui Informasi Produk dengan Mudah

Konten produk yang diunggah dengan shopping tags akan memungkinkan pelanggan untuk mencari tahu informasi produk secara lengkap lewat Instagram saja.

Karena Instagram adalah tentang konten visual, mereka pun bisa mengetahui ilustrasi atau tampilan visual dari produk tersebut sehingga mereka akan memiliki gambaran mengenai produk yang akan dibelinya.

2. Meningkatkan Pengalaman Belanja

Pengalaman belanja yang disediakan oleh shopping tags sangatlah memudahkan pelangganmu.

Mereka bisa belanja langsung melalui Instagram tanpa harus pindah-pindah aplikasi. Prosesnya lebih cepat dan praktis!

Beberapa Tips Menggunakan Shopping Tags untuk Jualan Online di Instagram

1. Letakkan di Berbagai Konten yang Kamu Punya

Instagram menyediakan beragam format konten yang bisa kamu unggah, mulai dari konten foto biasa, Story, Live, sampai dengan video.

Beragam format konten ini perlu kamu integrasikan dengan shopping tags sehingga terlepas apapun produk dan format konten yang kamu tunjukkan, pelanggan tetap bisa berbelanja.

2. Gunakan dalam User Generated Content

Testimoni yang pelanggan bagikan alias user generated content juga kamu bisa manfaatkan sebagai bagian dari promosi dengan menggunakan shopping tags.

User generated content bisa menjadi variasi konten yang kamu tampilkan di Instagram usahamu dan bisa menjadi referensi bagi calon pembeli lainnya yang ingin membeli produkmu.

3. Tampilkan Produk yang Sedang Promo

Punya produk yang sedang kamu diskon? Jangan lewatkan kesempatan untuk mempromosikannya dengan shopping tags.

Menariknya, kamu bisa menyematkan deskripsi seperti 'On Sale' di shopping tags kamu, membuat pelanggan jadi tahu kalau produk tersebut sedang promo.

Kesimpulan

Minimalis tapi punya dampak besar - Mungkin itulah deskripsi paling pas untuk fitur Instagram yang satu ini.

Fiturnya mudah digunakan dan bisa dipakai untuk berbagai jenis strategi pemasaran dan format konten. Kalau mau usahamu laris di Instagram, fitur yang satu ini jangan sampai kamu pandang sebelah mata!

Contact Us