Stiker sering dipandang hanya sebagai benda untuk hiasan atau dekorasi.
Namun, siapa sangka kalau stiker kini banyak dipakai berbagai usaha sebagai metode pemasaran dalam strategi pemasaran mereka?
Kali ini, kita akan melihat metode tersebut yang kini dikenal sebagai sticker marketing!
Sticker marketing, sesuai namanya, adalah sebuah metode pemasaran yang menggunakan stiker sebagai media utamanya.
Stiker yang digunakan umumnya didesain dengan logo brand atau slogan usaha. Umumnya, stiker ini dapat ditempelkan di berbagai tempat, seperti kendaraan, tas, pintu, hingga jendela.
Jauh sebelum media sosial menjadi populer, berbagai metode pemasaran yang sifatnya konvensional yang bisa mendorong word of mouth, seperti brosur, spanduk, dan juga stiker.
Kehadiran stiker brand kamu yang ditempel di berbagai tempat akan memudahkan orang-orang untuk melihat stiker tersebut.
Hal tersebut bisa mendorong rasa penasaran dan ketertarikan orang-orang akan brand kamu dan membuat mereka membicarakannya dengan orang lain, terlebih lagi jika kamu adalah brand baru.
Membuat desain stiker mungkin akan cukup menghabiskan biaya, namun ketika kamu sudah punya desain tetap untuk stiker kamu ke depannya, kamu cukup mengeluarkan biaya untuk mencetak stiker.
Dengan teknologi yang berkembang sekarang ini, kamu bisa mencetak stiker dalam jumlah besar dan memperoleh harga yang lebih murah.
Bisa dikatakan, metode pemasaran ini punya biaya yang lebih terjangkau ke depannya.
Sticker marketing adalah metode pemasaran yang efektif untuk memperkuat identitas brand kamu.
Ketika stiker brand kamu punya desain yang konsisten dengan identitasnya dan mulai tersebar di berbagai tempat, orang-orang akan semakin mudah melihat dan mengenal brand kamu.
Lama-kelamaan, identitas brand kamu akan lebih mudah diingat oleh orang-orang yang melihatnya. Dengan begitu, stiker brand kamu akan membuat identitas brand kamu semakin dikenal dan berbagai metode pemasaran kamu jadi semakin kuat.
Sumber: Unsplash.com
Karena biaya produksi yang murah, ada baiknya stiker kamu jadikan sebagai freebies alias produk bonus yang bisa kamu sertakan secara cuma-cuma ketika pelanggan berbelanja atau membeli produk kamu.
Dengan fungsinya yang dapat dipakai sebagai hiasan atau dekorasi, stiker punya sedikit keunggulan bila dibandingkan brosur. Dampaknya, pelanggan akan cenderung menempelkannya di berbagai tempat seperti tas, laptop, hingga kendaraan mereka.
Agar sticker marketing kamu bisa lebih efektif lagi, stiker brand kamu perlu didesain dengan kreativitas sebagai hal yang utama. Bila kamu menyertakan call to action, pastikan agar jelas dan mudah dibaca.
Stiker brand yang kreatif dengan call to action yang tepat akan lebih mudah menarik perhatian orang-orang sekaligus memperkuat identitas dari brand kamu.
Kalau kamu memutuskan untuk fokus menyematkan message atau pesan tertentu dalam stiker kamu dibandingkan menyematkan logo brand kamu, tentukan terlebih dahulu message apa yang ingin kamu sampaikan kepada orang-orang.
Buatlah message yang singkat namun di saat yang bersamaan mudah dipahami maksudnya dan efektif.
Mempunyai message yang jelas dan mudah dipahami memungkinkan pemasaran kamu jadi lebih mudah meraih orang-orang yang tepat dan mendorong orang-orang yang kamu tuju untuk melakukan action yang kamu harapkan.