Figure Blog

Stockers, Inilah Metode Pemasaran Paling Murah, Mudah dan Efektif di Era Digital!

1 Aug 2022

Bagaimana jadinya jika di era yang serba terkoneksi ini, ada metode pemasaran yang nggak mencekik kantong, tapi mudah diterapkan dan efektif!

Rasanya seperti ada di dunia mimpi ya, Stockers?

Tapi, realitanya, ada metode pemasaran seperti yang tadi sudah disebutkan, kok!

Namannya...

Berkenalan dengan Word of Mouth era Digital!

Metode pemasaran paling murah, mudah, dan efektif di era digital itu disebut sebagai user generated content atau yang banyak dikenal sebagai UGC.

User generated content pada dasarnya merupakan konten yang dibuat secara sukarela oleh seorang pelanggan untuk membahas mengenai sesuatu. Dalam konteks bisnis, tentunya pelanggan akan membahas mengenai sebuah toko, restoran, atau bisnis lainnya yang ia kunjungi.

Ada beragam bentuk dari user generated content. Pelanggan bisa membuatnya dalam bentuk gambar, video, atau opini lisan maupun tulisan yang dibagikan di berbagai saluran seperti media sosial. Melalui konten ini, seorang pelanggan bisa berbagi tentang apa yang ia pikirkan dan rasakan setelah mengunjungi sebuah bisnis atau membeli produk di bisnis tersebut.

User generated content bisa dibilang sebagai word of mouth di era digital. Pasalnya, apa yang dibagikan pelanggan di media sosial akan dapat dilihat oleh banyak orang, entah itu orang asing, keluarga, teman, maupun sanak saudara. Distribusi informasi dari seorang pelanggan tentang sebuah bisnis pun jadi lebih cepat dan memungkinkan orang lain untuk mengetahuinya dan memahaminya dalam waktu singkat.

Kelebihan Lain User Generated Content

1. Membangun Relasi Lebih Dekat dengan Pelanggan

Dengan kehadiran user generated content, kamu memungkinkan pelanggan untuk bisa berekspresi secara bebas terkait apa yang mereka pikirkan dan rasakan tentang bisnis kamu. Mereka bisa mengungkapkannya dalam bentuk apapun yang mereka inginkan. Dengan membebaskan pelanggan untuk memberikan apa yang mereka ingin sampaikan soal bisnis kamu, hal tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap kebebasan pendapat pelanggan. Pelanggan pun akan merasa lebih dihargai suaranya.

Alhasil, kondisi ini mampu menciptakan kedekatan yang lebih erat dengan pelanggan dan kamu bisa lebih banyak membangun bisnis kamu dengan mendengarkan apa yang pelanggan sampaikan.

2. Menciptakan Sense of Trust

Ketika banyak orang membuat konten yang berisikan komentar dan pendapat tentang bisnis kamu, hal ini nggak hanya akan menjadi metode pemasaran yang ampuh untuk "mengundang" lebih banyak orang untuk mendatangi bisnis kamu dan membeli produk kamu. Hal ini juga akan menghasilkan rasa percaya bagi calon pelanggan maupun pelanggan yang pernah membeli di bisnis kamu.

Oleh karena ada banyak orang yang rela untuk menuangkan waktunya untuk berkomentar positif tentang bisnis kamu, maka mereka akan merasa bahwa bisnis kamu benar-benar bisa dipercaya kualitasnya.

Tips Mendorong Lahirnya User Generated Content

1. Bercerita tentang Pelanggan

Kamu punya beberapa pelanggan setia? Kamu bisa menjadikan mereka bagian dari cerita untuk dibagikan kepada orang lain. Ceritakan tentang keseharian mereka dan bagaimana relasi mereka dengan bisnis kamu. Pelanggan lain maupun pelanggan pun jadi tahu lebih banyak soal pelanggan-pelanggan setia kamu dan jadi lebih tertarik untuk mendatangi bisnis kamu. Bukan nggak mungkin kalau calon pelanggan atau pelanggan baru akan jadi pelanggan setia kamu dan bisa jadi bagian dari cerita yang bisa kamu bagikan lagi.

2. Mengadakan Kontes atau Kompetisi

Melalui kontes atau kompetisi tertentu, kamu bisa mendorong pelanggan untuk berbagi dan berkontribusi dengan cara yang menarik dan kreatif. Hal ini dapat menjadi bagian dari bisnis kamu untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mendorong kebebasan berpendapat yang memungkinkan pelanggan untuk lebih kreatif lagi.

Sudah murah, mudah diterapkan, dan efeknya ampuh pula. Kurang apa lagi coba metode pemasaran yang satu ini? Segera manfaatkan user generated content untuk bikin bisnis kamu generate lebih banyak pelanggan loyal dan tentunya bikin sales kamu makin terdongkrak!

Contact Us