Figure Blog

Sudah Tahun 2024, Apa Saja Tren UMKM yang Diprediksi akan Meroket?

2 Jan 2024

Selamat tahun baru 2024, Stockers! Mengawali tahun yang baru ini, kamu sebagai pemilik usaha harus memastikan diri siap dengan segala kondisi dan tren yang akan terjadi.

Mempersiapkan diri menghadapi berbagai hal ini akan menjadi kunci kamu terus berjalan dan berkembang di tahun 2024.

Lantas, apa saja yang akan jadi tren usaha, khususnya untuk dunia UMKM di tahun yang baru ini?

5 Tren UMKM ini Diprediksi akan Meroket Tahun Ini!

1. Bertambahnya Penawaran Jasa

Kalau kamu berkecimpung di dunia produk fisik, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk melebarkan sayap usahamu ke dalam bentuk jasa.

Hal ini bisa kamu wujudkan sebagai tambahan dari produk fisik yang kamu jual. Misalnya, kalau kamu menjual produk sepatu kets, kamu bisa memikirkan untuk menyediakan jasa cuci sepatu dengan tambahan sejumlah biaya.

Melebarkan jangkauan usahamu ini akan membantumu menambah daya saing dan revenue stream kamu sehingga kamu tidak harus bergantung pada penjualan sepatu saja.

2. Meningkatnya Digitalisasi

Dengan ekosistem digital yang semakin luas dan mudah diakses, banyak UMKM pun ditargetkan akan mulai go digital.

Melalui inisiatif dan proses go digital ini, berbagai UMKM diharapkan bisa mendongrak jangkauan pasarnya dan meningkatkan pendapatannya.

Menariknya, pemerintah juga menargetkan UMKM sampai pasar tradisional yang ada di kota-kota kecil untuk bisa go digital.

3. Penggunaan AI

Meski AI dipandang sebagai ancaman oleh beberapa pihak tertentu, ada beberapa pihak yang tetap memandang positif AI sebagai sebuah bentuk teknologi yang akan memudahkan banyak orang, termasuk para pelaku usaha.

Kehadiran AI bisa digunakan oleh para pelaku usaha untuk banyak hal, seperti mencari ide konten di media sosial, mempelajari tren penjualan sampai ekonomi, sampai membantu mereka merancang rencana usaha ke depannya.

Tidak hanya itu, AI pun juga sudah merambah berbagai aplikasi yang biasa dipakai UMKM untuk mendukung usahanya. Dengan adanya integrasi AI di aplikasi seperti aplikasi manajemen stok barang sampai dengan akuntansi, aktivitas harian UMKM pastinya akan jadi jauh lebih mudah.

4. Kesadaran untuk Belanja Ramah Lingkungan

Tahun lalu, tren thrifting di Indonesia meledak dan membuat berbagai produk baju bekas jadi incaran banyak orang di e-commerce.

Walau tren tersebut sedikit mereda di akhir tahun lalu, hal ini berarti masyarakat mulai sadar untuk belanja lebih ramah lingkungan, terlepas harga produk thrifting yang juga terjangkau.

Di tahun ini, ada potensi lagi bagi produk-produk bekas untuk mulai diincar lagi oleh masyarakat, dan produk bekas ini tidak hanya fashion saja. Di samping itu, masyarakat pun juga dapat mulai mengincar produk-produk yang memang sustainable baik dari segi bahan baku maupun proses produksinya.

5. Tren Same Day Delivery Menguat

Semakin hari, same day delivery jadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan kecenderungan orang-orang untuk menerima produk dalam waktu singkat. Di sisi lain, kenyamanan menjadi faktor yang membuat orang-orang memilih metode pengiriman ini.

Tren tersebut dianggap akan semakin kuat di tahun 2024, terlebih dengan menguatnya ekspektasi pelanggan untuk bisa menerima sebuah produk secara cepat.

Meski mungkin biaya pengiriman jadi sedikit lebih mahal, namun pelanggan bisa menghemat waktu pengiriman.

Kesimpulan

Tren dunia usaha dan UMKM di 2024 ternyata cukup bervariasi ya, Stockers. Pastikan dirimu siap dan adaptif dalam menghadapi berbagai perubahan dan tren ini ke depannya sehingga 2024 ini bisa jadi tahun yang baik dan cerah untuk usahamu!

Contact Us