Figure Blog

Tiktok Affiliate: Panduan Mudah & Murah Promosi Bisnis bersama Content Creator di Tiktok!

14 Oct 2022

Pada beberapa pembahasan sebelumnya, kita sempat melihat Tiktok Shop dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan darinya.

Kini, kita akan melihat salah satu bagian dari Tiktok Shop yang nggak hanya bisa mendatangkan keuntungan untuk pemilik bisnis, tetapi juga content creator.

Namun, kali ini kita akan lebih fokus pada apa yang bisa kamu lakukan dengan Tiktok Affiliate dan apa saja keuntungan dari Tiktok Affiliate buat bisnis kamu.

Yuk langsung ke inti pembahasan!

Apa itu Tiktok Affiliate?

Tiktok Affiliate adalah salah satu fitur terbaru di Tiktok yang memungkinkan para pemilik bisnis di Tiktok untuk bekerja sama dengan content creator untuk mempromosikan produknya.

Dari perspektif pebisnis, Tiktok Affiliate adalah salah satu cara pemasaran yang mudah dan murah untuk diterapkan karena kamu mengajak content creator tertentu untuk mempromosikan bisnis dan produk kamu.

Dari perspektif content creatorTiktok Affiliate adalah cara yang menarik untuk memperoleh penghasilan tambahan dari komisi yang dibayarkan oleh pemilik bisnis atas pemasaran atau promosi yang sudah dilakukan.

Baca Juga: 

Apa yang Bisa Kamu Lakukan dengan Tiktok Affiliate?

1. Mencari & Menemukan Content Creator

Tiktok adalah ladangnya content creator dengan beragam jenis keunikan dan minatnya.

Hal ini adalah potensi yang kamu perlu manfaatkan sebagai seorang pemilik bisnis

Melalui Tiktok Affiliate, Tiktok memberikan kamu cara untuk bisa mencari dan menemukan content creator yang tepat dan relevan dengan bisnis atau produk kamu dengan lebih mudah. Kamu juga nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam!

2. Memantau Performa Content Creator yang Jadi Affiliate

Ketika kamu sudah menemukan content creator yang kamu rasa tepat dan relevan dengan produk atau bisnis kamu, Tiktok akan membantu kamu untuk memantau dan mempelajari bagaimana performa content creator saat menjadi affiliate dari bisnis kamu.

Artinya, kamu akan bisa memantau bagaimana content creator tersebut bisa menjual produk kamu dan apakah content creator tersebut bisa menjadi partner yang tepat untuk bisnis atau produk kamu.

Ilustrasi Affiliate Marketing

Sumber: Freepik.com

Apa Keuntungan Tiktok Affiliate buat Bisnis Kamu?

1. Beragam Pilihan Plan

Tiktok Affiliate menyediakan beragam pilihan plan atau paket untuk kamu sebagai pebisnis yang ingin melakukan promosi.

Ada 3 jenis plan yang bisa kamu pilih: Shop PlanOpen Plan, dan Targeted Plan.

Shop Plan adalah plan yang memungkinkan kamu untuk menetapkan tarif flat untuk semua produk yang kamu jual.

Open Plan adalah plan yang memungkinkan kamu untuk menetapkan tarif spesial atau khusus untuk produk-produk tertentu dan bisa dijangkau oleh semua content creator.

Sementara itu, plan terakhir, yaitu targeted plan, adalah plan yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin mengundang atau mengajak content creator tertentu untuk kerja sama dalam mempromosikan produk tertentu saja.

2. Lebih Terjangkau

Tiktok Affiliate adalah cara pemasaran yang mudah untuk bisnis kamu.

Dibandingkan bekerja sama dengan influencer atau micro influencer, kamu sebagai pemilik bisnis bisa menggunakan Tiktok Affiliate untuk bekerja sama dengan content creator dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Mudah Menemukan Content Creator yang Tepat & Relevan

Kehadiran Tiktok Affiliate bikin kamu nggak perlu repot mencari content creator yang tepat dan sesuai dengan bisnis kamu.

Dengan jumlah content creator yang nggak sedikit, kamu akan dengan mudahnya menemukan content creator yang sesuai dengan bisnis dan produk yang kamu jual.

Kamu nggak perlu repot cari content creator atau influencer dengan browsing di Google atau media sosial.

4. Pembayaran Otomatis

Kamu nggak perlu pusing memikirkan bagaimana caranya untuk membayar komisi kepada content creator yang kamu ajak kerja sama.

Pasalnya, Tiktok Affiliate dirancang dengan sistem pembayaran komisi otomatis. Alhasil, kamu cukup fokus pantau performa content creator dalam menjual produk kamu!

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa hal yang soal kamu tahu soal Tiktok Affiliate.

Fitur ini adalah fitur potensial yang perlu kamu manfaatkan apabila kamu sudah mulai merambah Tiktok Shop. Kamu bisa melakukan pemasaran dengan lebih mudah dan murah sembari menemukan content creator yang pas untuk bisnis kamu.

Contact Us