Media sosial kini lebih dari sekadar tempat berbagi informasi.
Media sosial telah bertambah fungsinya jadi tempat jual beli dan bisnis.
Salah satu media sosial yang juga mulai menyediakan wadah untuk jual beli dan bisnis adalah Tiktok.
Hal tersebut ditandai dengan bergulirnya fitur baru dari Tiktok, yakni Tiktok Shop.
Apa itu Tiktok Shop dan bagaimana kamu bisa jualan di Tiktok Shop?
Pembahasan kali ini akan mengupas detail dan singkat mengenai Tiktok Shop dan beragam hal yang berkaitan dengannya!
Tiktok Shop adalah salah satu fitur online store di platform Tiktok yang memungkinkan para pemilik bisnis di Tiktok untuk menjual berbagai produk mereka dan dibeli oleh para pengguna Tiktok melalui platform tersebut.
Dengan Tiktok Shop, kamu bisa mencantumkan link khusus dari produk atau toko kamu di dalam konten yang kamu buat. Link tersebut, bila diklik pengguna, akan membawanya ke profil bisnis, katalog produk, atau online store kamu secara langsung.
Oleh sebab Tiktok Shop berfokus pada presentasi konten dalam bentuk video, ada peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa membuat konten yang lebih interaktif.
Konten dengan format short video hingga live streaming memungkinkan kamu untuk jualan di Tiktok Shop dengan cara yang lebih interaktif dan dekat dengan para pelanggannya.
Interaktivitas bisa jadi kunci yang membantu seller untuk lebih mudah memberikan penawaran dan menjual produk mereka.
Tiktok Shop, yang tentunya terintegrasi dengan Tiktok, menyimpan sejuta bentuk dan konsep konten untuk inspirasi kamu dalam membuat konten Tiktok Shop kamu sendiri.
Beragamnya konsep dan ide konten di Tiktok dapat membantu kamu untuk menjadi lebih kreatif dalam membuat dan memproduksi konten video ataupun live streaming untuk para pelanggan kamu.
Selain memiliki keuntungan menarik untuk para seller, Tiktok Shop juga memberikan keuntungan yang menarik untuk para pembeli atau pengguna Tiktok.
Keuntungan yang menarik ini berupa beragam promo atau voucher diskon. Promo ini sangat variatif dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbelanja dengan murah atau memperoleh biaya ongkir gratis.
Sumber: Unsplash.com
Membangun Tiktok Shop sendiri caranya begitu mudah.
Cukup mampir ke situs Tiktok Shop dan isi segala informasi dan data yang dibutuhkan terkait bisnis kamu, seperti alamat bisnis dan rekening bank.
Selanjutnya, buatlah profil bisnis kamu dan masukkan setiap produk yang kamu jual ke sana. Setelahnya, kamu bisa mulai jualan di Tiktok Shop.
Oh iya, satu hal yang perlu diingat: Pastikan dulu bahwa kamu sudah memiliki akun Tiktok Business sebelum mulai mendaftar menjadi seller di Tiktok Shop.
Siapa bilang kamu harus mengeluarkan biaya besar untuk bekerja sama dengan influencer?
Kini, kamu bisa bekerja sama dengan micro influencer yang harganya lebih terjangkau.
Micro influencer pada dasarnya merupakan sebuah tipe influencer yang jumlah followers-nya lebih sedikit bila dibandingkan dengan influencer pada umumnya.
Meskipun memiliki followers yang lebih sedikit, umumnya micro influencer punya tingkat interaksi dan engagement yang lebih tinggi dan lebih dekat dengan para followers-nya.
Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk kamu dengan lebih mudah.
Interaksi dalam Tiktok bukan hanya berasal dari bagaimana kamu berinteraksi dan berkomunikasi lewat konten.
Interaksi juga perlu lahir dari bagaimana kamu membalas pesan dan komentar dari follower kamu.
Tingkatkan interaksi akan bikin kamu semakin dekat dengan followers dan bikin mereka semakin loyal serta penjualan yang lebih baik.
Kalau kamu memiliki modal bisnis yang lebih, sisihkan sedikit untuk menggunakan Tiktok Ads.
Fitur ini merupakan salah satu bagian dari Tiktok yang akan bikin kamu lebih mudah menjangkau target pasar yang ingin kamu sasar.
Namun, sebelumnya, tentukan dulu tujuan dari ads kamu, lalu pilih jenis ads yang ingin kamu gunakan.
Perhatikan juga spesifikasi dan ketentuan teknis yang dibutuhkan agar ads kamu bisa memberikan pengalaman yang optimal.
Tren adalah salah satu bagian yang nggak pernah bisa lepas dari Tiktok.
Dengan segudang konten yang diunggah oleh para pengguna tiap harinya, kamu bisa memperhatikan pola-pola tertentu dari ide dan inspirasi konten yang sedang meningkat.
Nggak hanya itu, terdapat juga penggunaan fitur atau musik yang sedang tren yang bisa kamu manfaatkan sepenuhnya sehingga bikin konten kamu riding the wave dan ikut menarik lebih banyak pelanggan.