Figure Blog

Unique Selling Proposition dan Unique Value Proposition, Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Penting?

27 Apr 2023

Dalam dunia bisnis, ada dua istilah yang umum dipakai untuk menjelaskan keunikan suatu bisnis: Unique selling proposition dan unique value proposition.

Menariknya, walau sering dipakai, kedua istilah ini sering dianggap sama. Padahal, keduanya berbeda dan hal tersebut perlu dipahami agar kamu benar-benar bisa memahami bisnis kamu sepenuhnya.

Apa beda dari kedua istilah tersebut, dan mana yang lebih penting untuk dimiliki? Untuk mencari tahunya, mari kita lihat pengertian tiap istilah!

Mengenal Unique Selling Proposition

Unique selling proposition adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan keunikan bisnis kamu yang nggak berhubungan dengan produk atau jasa yang dimilikinya dan bisa dibandingkan dengan kompetitornya.

Artinya, istilah ini erat kaitannya dengan berbagai faktor non-produk atau jasa dari bisnis tersebut, seperti pelayanan, keandalan, after service, variasi, pengalaman belanja hingga jaminan yang diberikan oleh bisnis tersebut.

Dalam membuat unique selling proposition, pertanyaan yang krusial adalah bagaimana kamu bisa jadi lebih beda bila dibandingkan dengan kompetitor bisnis kamu?

Mengenal Unique Value Proposition

Sementara itu, unique value proposition adalah istilah uuntuk menjelaskan value yang bisa diberikan kepada konsumen kamu sehingga kehidupan mereka jadi lebih baik, lebih mudah, lebih maju, dan lebih nyaman.

Unique value proposition erat kaitannya dengan kualitas, harga, hingga fitur yang dimiliki produk atau jasa yang kamu tawarkan ke konsumen.

Artinya, unique value proposition merujuk kepada berbagai keuntungan yang bisa diberikan oleh suatu produk atau jasa ke konsumen kamu dan bisa mereka rasakan ketika menggunakan produk atau jasa tersebut.

Terkait dengan unique value proposition, pertanyaan krusial yang perlu kamu tanyakan untuk membuatnya adalah apa saja keuntungan yang bisa kamu berikan untuk bikin hidup konsumen kamu lebih baik?

Mana yang Lebih Penting?

Meski memiliki perbedaan yang tipis, keduanya sama-sama krusial dalam membantu bisnis kamu lebih unik dan menarik di mata pelanggan.

Dengan memiliki unique selling proposition dan unique value proposition yang kuat, kamu bisa menjadikan bisnis kamu lebih beda dari kompetitor sembari menggoda pelanggan dengan segudang keuntungan yang bisa mereka rasakan setelah memakai produk atau jasa kamu.

Oleh karena itu, merancang dan memiliki keduanya dengan matang akan membantu bisnis kamu stand out dari persaingan dan lebih mudah menarik konsumen.

Kesimpulan

Walau terdapat perbedaan, kamu tetap perlu merancang dan membangun keduanya untuk bisnismu.

Dengan unique selling proposition dan unique value proposition yang matang, bisnis kamu bisa tampil beda dari kompetitor dan menarik pelanggan agar bisa merasakan segudang keuntungan dari produk atau jasa kamu.

Untuk itu, jangan sampai kamu hanya merancang salah satunya hanya karena kamu menganggap kedua istilah tersebut adalah sama ya, Stockers!

Contact Us