Kehadiran Google Business Profile membawa kemudahan yang tiada terkira untuk semua jenis usaha.
Dengan Google Business Profile, usaha kamu bisa lebih mudah dikenali oleh banyak orang tanpa harus mereka keluar rumah terlebih dahulu untuk mencari usaha kamu.
Namun, sebagai pemilik usaha, kamu juga perlu turun tangan dalam mengelola Google Business Profile dari usaha kamu dan nggak hanya menyerahkan sepenuhnya pada platform tersebut untuk memasarkan usaha kamu.
Kamu perlu lakukan 5 hal penting ini agar usaha kamu di Google Business Profile makin menarik dan memikat banyak orang!
Jangan biarkan pendapat dan masukan pelanggan diam nggak terbalaskan begitu saja.
Adalah tugas kamu sebagai pemilik bisnis untuk jadi responsif dan menunjukkan bahwa kamu betul-betul ingin meningkatkan usaha kamu ke depannya dengan mendengakran dan membal review pelanggan.
Setiap review dari pelanggan adalah satu langkah kecil untuk membawa usaha kamu jadi semakin lebih baik.
Semua informasi yang kamu masukkan ke dalam Google Business Profile dari usaha kamu akan terlihat jelas oleh banyak orang di Google Maps, termasuk foto-foto yang kamu tawarkan.
Agar orang-orang bisa lebih terpikat dengan bisnis kamu, ingat untuk selalu mengunggah foto-foto usaha dan produk kamu dengan kualitas yang tinggi.
Maka dari itu, selalu investasikan sedikit uang dan waktumu untuk memperoleh gawai yang tepat dan belajar fotografi produk dan tempat yang baik agar kamu dapat menghasilkan kualitas foto yang mumpuni dan menarik banyak orang.
Sumber: Freepik.com
Ketika kamu membuat Google Business Profile, kamu pasti menyadari bahwa Google menyediakan kolom kecil di untuk deskripsi usaha kamu.
Walau terlihat kecil, kolom ini nyatanya sangat berguna untuk menggambarkan apa yang usaha kamu jual dan sediakan kepada pelanggan.
Buatlah deskripsi usaha yang menarik dan atraktif. Jelaskan sesingkat dan sepadat mungkin kepada pelanggan mengenai usaha kamu. Jangan sampai pelanggan nggak memiliki gambaran tentang apa yang usaha kamu tawarkan.
Agar kamu bisa bersaing dengan berbagai bisnis serupa di Google Business Profile, gambarkan apa saja fasilitas yang kamu tawarkan dan siapa saja yang cocok dengan usahamu.
Misalkan, kamu bisa menyematkan link yang berisi katalog produk usaha kamu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan informasi bahwa kamu menyediakan koneksi Wi-Fi, tempat parkir luas, dan punya tempat yang pet-friendly.
Dengan memberikan informasi mengenai fasilitas dan aksesibilitas yang lengkap, kamu bisa meraih pelanggan yang tepat dan memberikan gambaran yang jelas mengenai usaha kamu kepada orang-orang yang menemukannya.
Semua informasi yang kamu masukkan di Google Business Profile kamu yang banyak disebutkan di atas akan sia-sia dampaknya apabila kamu nggak rutin memperbaruinya.
Dengan rutin melakukan pembaruan informasi, kamu memungkinkan pelanggan kamu dan juga orang-orang yang penasaran dengan usaha kamu untuk tetap bisa mengikuti perkembangan yang sedang terjadi dalam usaha kamu.
Selain itu, kamu juga tetap dapat menunjukkan aktif atau nggaknya usaha kamu kepada mereka.