Figure Blog

Upstream Marketing: Strategi Marketing untuk Penuhi Kebutuhan Pelanggan Kamu dengan Mudah!

12 Jan 2023

Memenuhi kebutuhan pelanggan adalah keharusan bagi sebuah usaha demi memuaskan pelanggannya dan membuat mereka jadi lebih loyal.

Terdengar sederhana memang. Namun, dalam kenyataannya, memenuhi kebutuhan pelanggan seringkali jadi tantangan tersendiri ketika dijalani.

Dan kemudian, muncullah upstream marketing.

Apa itu upstream marketing? Bagaimana strategi marketing ini bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih cermat dan mudah?

Mengenal Strategi Upstream Marketing

Upstream marketing adalah salah satu strategi marketing yang fokus pada tindakan dan aksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Istilah ini dicetuskan oleh Dr. Ram Charan, seorang konsultan manajemen ternama dalam bukunya yang berjudul "Profitable Growth is Everyone's Business".

Artinya, dengan upstream marketing, setiap perencanaan dan implementasi aksi yang terfokus pada satu tujuan, yakni kebutuhan pelanggan.

Dalam prosesnya, strategi ini akan membantu kamu mengetahui apa yang pelanggan benar-benar butuhkan, apa yang akan membuat pelanggan membeli produk kamu, hingga berapa uang yang rela dikeluarkan oleh pelanggan untuk membeli produkmu.

Bila dilakukan dengan terencana dan cermat, upstream marketing akan membantu kamu untuk memperoleh pendapatan yang optimal pada periode awal kamu meluncurkan produkmu.

Kapan Upstream Marketing Perlu Diterapkan untuk Usaha Kamu?

Upstream marketing adalah strategi marketing yang umumnya diterapkan di siklus awal dari pengembangan produk yang ingin kamu jual di pasaran.

Artinya, strategi ini bisa dijalankan tepat ketika produk kamu masih dalam bentuk prototype dan masih butuh masukan dan perbaikan untuk dapat berkembang menjadi final product.

Di sisi lain, strategi upstream marketing juga bisa dijalankan ketika kamu sedang dalam tahap mengembangkan segmentasi dan menentukan target pasar kamu.

Melakukan Riset Pasar untuk Memenuhi Kebutuhan PelangganSumber: Freepik

Melihat Beberapa Penerapan yang Umum dalam Upstream Marketing

1. Riset Pasar

Karena dapat dijalankan ketika pertama kali ingin menentukan target pasar, maka riset pasar menjadi salah satu penerapan yang nggak bisa terpisahkan dari strategi upstream marketing.

Dalam riset pasar, kamu perlu menganalisa berbagai aspek, mulai dari demografi dan psikografi.

Demografi berkaitan dengan usia, jenis kelamin, pekerjaan, hingga pendapatan dan tempat tinggal. Sementara itu, psikografi berkaitan dengan selera dan minat, kebiasaan dan perilaku, hingga nilai atau value yang dipegang.

Melakukan riset pasar secara menyeluruh dalam kedua aspek tersebut akan membantu kamu menemukan target pasar yang tepat untuk usaha kamu.

2. Survei Pelanggan

Melakukan survei pelanggan umumnya dilakukan ketika kamu akan mengembangkan produk yang ingin kamu buat.

Melalui survei pelanggan, kamu akan dengan mudah mengetahui apa masalah yang mereka alami, produk seperti apa yang mereka butuhkan, hingga fitur-fitur yang tersedia dari produk tersebut untuk lebih memudahkan hidup mereka.

Di sisi lain, kamu juga bisa memberikan ruang untuk mereka beropini mengenai produk yang kamu buat (Ketika produk sudah dikembangkan).

3. Analisa Tren

Tren adalah panduan kamu dalam mengembangkan dan menjual produk yang kamu punya.

Dengan melakukan analisa tren secara cermat, kamu bisa memahami produk seperti apa yang sedang dan akan laku di pasaran.

Untuk melakukannya, kamu bisa mulai dengan sesederhana mengamati kompetitor dan produk yang mereka punya, mengamati selera pasar, hingga mencari data atau statistik riil terkait dengan pasar dan pelanggan.

4. Pengembangan yang Terfokus

Terkait cara yang satu ini, kamu bisa melakukannya ketika kamu sudah punya beberapa produk atau jasa.

Dengan cara ini, kamu bisa menentukan mana produk yang paling tepat untuk dikembangkan ke depannya.

Dalam melakukannya, kamu perlu mempertimbangkan potensi produk ke depannya dalam hal menggaet lebih banyak pelanggan dan menjawab kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Kalau kamu masih dalam proses awal mengembangkan usaha kamu, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk menjalankan upstream marketing.

Dengan melakukan upstream marketing sebelum kamu membuka usahamu, kamu akan dengan mudah memperoleh pelanggan yang tepat dan memahami arah pengembangan produkmu.

Contact Us