Figure Blog

Usaha Jasa Tetap Butuh Aplikasi Manajemen Stok Barang, Inilah 3 Alasannya!

3 Feb 2023

Selama ini aplikasi manajemen stok barang identik dengan usaha dagang yang menjual produk secara fisik.

Walau begitu, kamu yang menjalani usaha jasa juga memerlukan aplikasi manajemen stok barang.

Lantas, apa saja alasan yang membuat kamu tetap membutuhkan aplikasi manajemen stok barang meskipun kamu menggeluti usaha jasa?

3 Alasan Usaha Jasa Tetap Butuh Aplikasi Manajemen Stok Barang

1. Mendukung Proses Operasional

Aplikasi manajemen stok barang sangat membantu suatu usaha jasa untuk punya kendali penuh atas setiap barang yang dibutuhkan dalam menunjang operasionalnya.

Dengan aplikasi manajemen stok barang yang tepat, stok barang bisa tersedia sesuai kebutuhan dan nggak akan menghambat proses operasional.

Misalnya, kamu punya usaha salon dan pada suatu waktu stok hair tonic kamu menipis. Padahal, barang tersebut dibutuhkan agar kamu tetap bisa melayani orang-orang yang ingin potong atau mencuci rambut.

Alhasil, hasil kerjamu di salon jadi kurang maksimal, yang mana hal ini akan berhubungan dengan poin selanjutnya.

2. Menjaga Kepuasan Pelanggan

Ketersediaan stok barang, yang dikelola dengan bantuan aplikasi manajemen stok barang, akan membuat pekerjaan kamu jadi tetap maksimal dan konsisten.

Hal ini sangat berhubungan dengan kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa kamu. Apabila barang-barang yang kamu butuhkan punya stok yang kosong, kamu jadi nggak bisa memberikan jasa yang baik dan hal ini akan turut berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Pelanggan akan merasa kurang puas dengan apa yang sudah kamu berikan dan hal ini pada akhirnya berkontribusi kepada rendahnya kepuasan hingga kesetiaan pelanggan terhadap usahamu.

3. Membuat Usaha Tetap Bersaing

Pada akhirnya, semua ini adalah mengenai kompetisi.

Dengan memakai aplikasi manajemen stok barang, kamu tetap bisa mengatur stok barang apa saja yang kamu butuhkan dan mana stok barang yang perlu restocking.

Kondisi di mana stok barang selalu tersedia memungkinkan usahamu untuk tetap bisa memberikan kualitas jasa yang terbaik dan membuat usahamu tetap mampu kompetitif di tengah persaingan dan nggak ketinggalan dengan para pesaing kamu.

Kesimpulan

Oleh karena itu, walau apa yang dijual oleh usaha jasa adalah jasa atau servis itu sendiri, jasa tersebut tetap membutuhkan berbagai barang atau kebutuhan lain untuk menunjang kualitas jasa yang kamu berikan.

Agar jasa yang kamu berikan buat pelanggan kamu tetap maksimal dan bisa memberikan kepuasan buat mereka, kamu butuh aplikasi manajemen stok barang yang tepat seperti Onstock.

Fitur-fitur seperti reminder stok yang menipis dan sudah kadaluarsa akan mempermudah proses restocking kamu. Nggak hanya itu, beragam laporan stok barang dan keuangan yang sesuai kebutuhan kamu juga tersedia bila kamu ingin mengetahui pengeluaran dan kebutuhanmu dengan detail.

Contact Us