Figure Blog

Webrooming: Perilaku Pelanggan Menarik yang Punya Sejumlah Keuntungan untuk Bisnismu!

2 Nov 2022

Kehadiran teknologi dan Internet bikin seorang pelanggan lebih mudah untuk mencari dan memeriksa produk tanpa harus keluar rumah.

Aktivitas atau perilaku ini disebut sebagai webrooming.

Perilaku pelanggan yang seperti ini tergolong menarik karena menyimpan begitu banyak peluang untuk dimanfaatkan bisnismu. Namun sebelumnya, mari kita kenali Webrooming!

Mengenal Perilaku Webrooming

Webrooming adalah sebuah istilah untuk menjelaskan perilaku pelanggan yang mencari produk di suatu toko secara online yang kemudian mengunjungi toko tersebut secara langsung untuk membelinya.

Secara sederhana, webrooming bisa dikatakan sebagai perilaku di mana pelanggan melakukan riset produk secara online lalu membelinya di offline store-nya.

Sejatinya, webrooming adalah perilaku pelanggan yang sudah eksis sejak lama. Namun, setelah pandemi Covid-19 merebak, hal ini menjadi sesuatu yang semakin umum dan semakin naik trennya.

Keuntungan dari Webrooming

1. Peluang Upselling yang Tinggi

Ketika seorang pelanggan memutuskan untuk mengunjungi offline store setelah melakukan riset kecil-kecilan mengenai produkmu di Internet, itu adalah peluang besarmu untuk mendongkrak penjualan.

Caranya? Melalui penawaran upselling.

Ketika seorang pelanggan memutuskan untuk membeli produkmu yang telah ia temukan di Internet sebelumnya, maka kamu bisa melakukan upselling kepadanya.

Tawarkan berbagai add-ons atau produk tambahan kepada mereka. Pastikan produk yang kamu upsell kepada mereka bisa memiliki value untuk tambahan untuk produk yang mereka beli.

2. Proses Pembelian Lebih Murah

Melakukan webrooming memungkinkan pelanggan untuk membeli pelanggan dengan harga yang lebih murah.

Pasalnya, kamu bisa membeli produk secara online dan langsung menjemput pesananmu di offline store. Hal ini akan membuatmu bebas dari ongkos kirim.

3. Pembelian Lebih Berkualitas

Dengan melakukan webrooming, seorang pelanggan bisa mengetahui, mempelajari, dan memastikan produk dari suatu toko melalui online store-nya. Mereka tinggal melihat-lihat produk yang tersedia di online store dan bisa langsung membeli di offline store setelah mengambil keputusan.

Alhasil, mereka pun nggak perlu menghabiskan waktu berlama-lama di offline store dan mengambil keputusan yang keliru soal produk yang tersedia.

Ilustrasi Webrooming

Sumber: Freepik.com

Bagaimana Memanfaatkan Webrooming untuk Bisnismu

1. Hadir di Berbagai Channel Penjualan

Agar webrooming bisa dilakukan oleh pelanggan dengan mudah, bisnis kamu perlu hadir di berbagai channel penjualan.

Ketika ada banyak online channel yang tersedia, jangan hanya hadir di satu online channel saja. Selain itu, jangan lupa integrasikan untuk setiap online channel dengan offline channel

Dengan menghubungkan setiap channel yang ada, kamu bisa memastikan bahwa pengalaman belanja bisa lebih mulus, mudah, dan cepat.

2. Tawarkan Promo

Ketika pelanggan sudah hadir di offline store kamu untuk membeli produk yang sudah dipilih secara online, kamu bisa menawarkan berbagai jenis promo di online store atau official website bisnis kamu.

Promo ini perlu kamu rancang secara khusus agar mendorong pelanggan untuk berbelanja langsung di offline store kamu dan memanfaatkan promo tersebut di sana.

3. Penataan dan Display Produk yang Atraktif

Agar kamu bisa memanfaatkan webrooming dengan maksimal, penataan dan display produk adalah kunci.

Penataan dan display produk sebisa mungkin dilakukan dengan menarik. Selain itu, mudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan produk kamu atau mencoba sampel produk kamu.

Dengan begitu, pelanggan akan bisa mengetahui kualitas dan desain produk kamu secara real dan mengambil keputusan dengan lebih jitu terkait produk yang akan dibeli.

Contact Us