Preorder bisa dibilang merupakan salah satu sistem penjualan yang bisa membantumu meraup lebih banyak cuan. beberapa brand besar di dunia pun menerapkan metode ini saat akan menjual produknya.
Meski cukup efektif, metode ini bisa gagal total bila diterapkan dengan asal-asalan. Lantas, bagaimana kamu bisa meningkatkan penjualan dengan menerapkan sistem preorder?
Scarcity marketing memang terbilang efektif untuk mendongkrak penjualan. Konsep kelangkaan dan eksklusivitas bisa diterapkan untuk menyentuh psikologis pelanggan yang tidak ingin ketinggalan memiliki produkmu.
Bila diterapkan untuk produk yang kamu rilis terbatas atau rilis musiman, kedua cara ini akan memberikan efek yang dahsyat untuk penjualanmu. Pelanggan akan berbondong-bondong melakukan preorder untuk produkmu dan kamu akan memperoleh pemasukan yang luar biasa.
Agar sebuah produk bisa memancing rasa penasaran dan keingintahuan pelanggan, kamu bukan hanya memerlukan produk yang menarik atau inovatif secara fitur atau keunggulan, tetapi juga petunjuk yang menarik.
Bangunlah rasa penasaran dan ketertarikan secara perlahan. Cara termudah adalah dengan memberikan teasers atau hint kecil untuk untuk memancing keingintahuan pelanggan secara perlahan.
Meski tentunya ada beberapa pelanggan yang mungkin bisa menebak petunjuk yang diberikan, proses ini akan tetap menarik karena melibatkan rasa penasaran pelanggan.
Paid ads adalah cara yang cukup efektif untuk mengumpulkan massa yang ingin membeli produkmu. Kamu bisa menyesuaikan daerah atau target pasar yang ingin kamu sasar dengan lebih mudah.
Tipsnya, jangan langsung keluarkan budget besar untuk paid ads yang ingin kamu gunakan. Alih-alih begitu, sebaiknya kamu perbesar budget seiring waktu berlalu.
Bila masa pre-order yang kamu terapkan semakin mendekati waktu akhirnya, kamu bisa meningkatkan budget perlahan. Coba juga tambahkan paid ads kamu dengan promo tertentu yang bisa menggoda calon pelanggan untuk preorder produkmu.
Pre-order mesti menjadi salah satu metode yang kamu terapkan ketika akan merilis produk barumu. Kombinasi scarcity marketing dengan petunjuk-petunjuk menarik, didongkrak dengan paid ads, bisa membuat pre-order kamu sukses besar!