Figure Blog

3 Tips Memerangi Perang Harga tanpa Perlu Otak-atik Harga!

3 Jan 2024

Perang harga adalah perang yang sifatnya abadi. Perang tersebut akan selalu ada di dalam dunia usaha sampai pada akhirnya usaha yang masih punya kekuatan modal adalah yang akan tersisa dan bertahan.

Secara psikologis, perang harga adalah sesuatu yang melelahkan dan bisa membuat banyak pihak yang terlibat di dalamnya merasa lelah dan tertekan.

Di sisi lain, perang harga yang terus berkelanjutan berpotensi mengubah karakteristik dan cara kerja dari berbagai usaha di industri tersebut.

Inilah sebabnya kamu tidak perlu terlibat di dalam perang harga dan lebih baik kamu memfokuskan usahamu untuk bersaing pada aspek lain selain harga.

Namun, kalau kamu ingin mencoba memerangi perang harga, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut tanpa harus menurunkan harga produkmu secara terus-menerus!

3 Tips Memerangi Perang Harga tanpa Perlu Otak-atik Harga Produkmu!

1. Tingkatkan Daya Saing Produk

Ketika kompetitormu tidak bisa memberikan kualitas produk yang sama karena memangkas harga, para pelanggan mereka bisa berpindah ke brand lain yang bisa memberikan kualitas produk yang konsisten dan baik.

Ketika ingin terjadi, jangan pernah turunkan harga yang kamu punya, terlebih lagi ketika kamu menyediakan fitur baru atau meningkatkan kualitas produkmu.

Dengan peningkatan daya saing produk, para pelanggan yang tadinya membeli dari kompetitormu bisa berpindah ke brand kamu. Bahkan, kamu bisa memperoleh pangsa pasar baru yang menginginkan produk dengan kualitas yang mumpuni.

2. Fokus pada Pelangganmu Saja

Daripada fokus menurunkan harga untuk mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan, ada baiknya kamu fokus pada apa yang pelangganmu inginkan dan butuhkan saja.

Terkadang, pelangganmu membutuhkan lebih dari sekadar harga produk yang murah. Ada pelanggan yang memang ingin membeli produk yang tetap berkualitas, produk dengan fitur baru, atau bahkan produk baru yang lebih baik dari sebelumnya tanpa fokus ke harganya.

Di sisi lain, ada komplain dan kritik pelanggan yang harus kamu dengarkan dan hal ini juga perlu kamu fokuskan agar pelayanan yang kamu berikan dan pengalaman belanja pelanggan jadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Terapkan Strategic Partnership

Bertarung sendirian di dalam industri yang sedang terjadi perang harga akan membuatmu kewalahan. Kamu mesti ajak brand lain bekerja sama dalam bentuk strategic partnership.

Bentuk kerja sama seperti ini memungkinkanmu untuk menambah daya saing sekaligus meningkatkan reputasi dan persepsi positif bagi usahamu. Menariknya, kamu bisa melakukan itu dalam bentuk produk baru hasil kolaborasi atau partnership tersebut.

Kesimpulan

Berbagai cara di atas bisa membantumu untuk berkompetisi di tengah industri yang usaha-usaha di dalamnya sedang melakukan perang harga.

Namun, ada baiknya untuk menghindari atau tidak ikut-ikutan dalam perang harga sejak awal. Bila kamu sudah terlibat di dalamnya, mundur adalah langkah yang baik demi menghindari kerugian atau kompetisi berlebih yang melelahkan.

Contact Us