Figure Blog

5 Ide Marketing Out of the Box yang Efektif untuk Bisnis UMKM!

8 Aug 2022

Pemasaran untuk bisnis kamu nggak boleh begitu-begitu saja. Kamu harus selalu memberikan yang ekstra dan tentu saja, berbeda dari apa yang dilakukan oleh bisnis lain.

Agar kamu bisa memasarkan bisnis dengan cara yang out of the box dan unik namun efektif, coba beberapa ide pemasaran di bawah ini!

1. Visual Merchandising

Kalau para kompetitor kamu punya toko fisik yang punya penataan rapi, kamu harus bisa lebih dari itu. Kamu harus terapkan visual merchandising.

Teknik ini bukan hanya sekadar menata berbagai produk yang kamu jual di toko kamu secara rapi, tapi juga cantik, atraktif, dan mampu menciptakan daya tarik tersendiri buat orang-orang yang melihatnya. Akibatnya, pelanggan akan memiliki dorongan atau motivasi membeli dikarenakan penataan produk yang menarik dan menggoda.

Untuk melakukan teknik visual merchandising, kamu bisa menerapkannya di mana saja, mulai dari rak-rak penyimpanan produk, etalase toko, hingga meja kasir.

2. Ikut Podcasts

Salah satu cara menarik agar kamu bisa memasarkan dan mempromosikan bisnis kamu adalah dengan partisipasi di podcasts atau berbagai platform interview lainnya.

Kamu bisa juga mencari acara berbalut kolaborasi sehingga kamu bisa promosi event tersebut dan penyelenggara event akan mempromosikan bisnis kamu dan mengajak kamu melakukan interview khusus. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menceritakan kisah dan filosofi bisnismu.

Yang terpenting dari berpartisipasi pada acara-acara seperti podcasts atau interview adalah kamu mampu merajut cerita yang benar-benar menarik minat orang untuk mendengar.

3. Buat Kelas Khusus

Kalau kamu ingin melakukan pemasaran sekaligus memberikan edukasi dan informasi menarik mengenai produk yang kamu jual atau bagaimana untuk mengkreasikan produk yang kamu jual, buatlah kelas atau demo khusus.

Di sesi tersebut, kamu bisa menceritakan sedikit tentang produk kamu dan sekilas tutorial mengenai cara pembuatan atau bahkan perakitan produk kamu (Jika memang kamu menjual produk yang memang perlu dirakit dan dipasang sendiri oleh pelanggan).

Kamu juga bisa memberikan fakta-fakta dan informasi tambahan tentang fungsi lain produk tersebut dan bagaimana pemakaiannya dengan baik.

Baca juga: Kreatif & Ampuh, Ini 10 Ide Pemasaran yang Bisa Kamu Coba!

4. Mystery Gift

Sesuatu yang berbau misteri atau mengandung tanda tanya tentunya punya daya tarik tersendiri yang bisa mengundang seseorang untuk menyingkap atau mengungkapnya. Hal ini pun juga berlaku apabila kamu sedang menjual produk kamu.

Umumnya, mystery gift bisa kamu gunakan sebagai jalan keluar terbaik apabila ada beberapa produk yang belum laku namun ingin kamu tingkatkan penjualannya.

Kamu bisa menjualnya bersamaan dengan produk best seller kamu. Misalkan, ketika pelanggan membeli produk best seller, ia akan mendapatkan mystery gift yang isinya nggak diketahui sama sekali. Hanya Tuhan dan kamu sebagai penjual yang tahu apa yang diberikan kepada si pelanggan.

Namun, pastikan agar isi mystery gift tersebut benar-benar worth it untuk jadi mystery gift ya!

5. Testimoni Pegawai

Ulasan atau testimoni dari pelanggan sudah biasa. Namun, apa jadinya jika testimoni pegawai yang kamu jadikan sebagai ide pemasaran untuk bisnis kamu?

Menggunakan testimoni dan cerita dari pegawai adalah ide yang menarik untuk memasarkan produk dan bisnis kamu.

Melalui testimoni dan cerita dari pegawai, masyarakat dan pelanggan kamu pun bisa lebih memahami dan mengenal bisnis kamu dengan lebih mudah dari sudut pandang pegawai kamu.

Hal ini mampu membantu terbangunnya image yang lebih positif dari bisnis dan orang-orang pun jadi lebih tahu bagaimana lingkungan kerja yang dibangun oleh kamu sebagai pemilik bisnis.

Contact Us