Figure Blog

7 Ide Bisnis Terbaik untuk Kamu yang Mau Jadi Solopreneur, Murah dan Mudah Dibuat!

9 Jun 2023

Kalau kamu kesulitan dan kebingungan cari rekan untuk diajak mulai bisnis bersama, menjadi solopreneur bisa jadi pilihan yang menarik.

Namun, memulai bisnis sendirian pun nggak kalah menantang dibandingkan memulai bisnis dengan rekan sendiri.

Salah satu tantangannya yakni mencari ide bisnisnya. Pasalnya, memulai bisnis sendirian kerap kali terkendala modal sampai tenaga.

Untuk itu, kami menyediakan 7 ide bisnis terbaik yang bisa kamu coba untuk jadi solopreneur. Ide-ide ini mudah dikembangkan dan juga nggak memerlukan modal banyak!

7 Ide Bisnis Terbaik untuk Kamu yang Mau Jadi Solopreneur

1. Minuman Sehat

Meningkatnya kesadaran akan produk-produk sehat di masyarakat membuat minuman sehat pun jadi banyak permintaan.

Kamu bisa memanfaatkan potensi ini untuk membuat minuman sehat sendiri. Kamu bisa mulai dengan produk yang banyak digandrungi dan mudah dikonsumsi seperti cold pressed juice yang cenderung mudah dibuat dengan pilihan buah yang bisa dikombinasikan.

2. Wooden Decor

Kamu punya keterampilan dalam hal crafting dan perkayuan? Coba saja untuk menjual wooden decor kamu sendiri.

Kamu bisa menjual rak kayu, lukisan, sampai ukiran dan pahatan dari kayu. Kamu bisa menargetkan orang-orang yang memang suka mengoleksi dekorasi atau barang seni di rumahnya. 

3. T-shirt

Salah satu ide bisnis terbaik yang nggak lekang oleh waktu: Menjual t-shirt.

Kamu bisa menjual graphic tees dengan ciri khas dan gaya kamu sendiri. Namun, kamu bisa mulai dulu dengan menjual basic tees sederhana dengan warna yang bervariasi.

Pilih bahan yang tepat untuk t-shirt yang kamu jual. Pastikan bahannya adem dan nyaman digunakan oleh para pembeli kamu, terlebih lagi di Indonesia yang cuacanya sedang nggak ramah panasnya akhir-akhir ini.

4. Pomade

Menjual hair gel yang umum dikenal dengan nama pomade adalah ide bisnis menarik untuk seorang solopreneur.

Dengan modal yang nggak terlalu besar, kamu bisa membuat pomade dengan ciri khas kamu sendiri. Namun, tantangan awalnya adalah membuat racikan pomade yang pas.

5. Poster Kustom

Keahlian dan passion kamu di bidang desain bisa kamu tuangkan untuk membuat desain poster kustom yang menarik dan estetik!

Ada berbagai jenis poster kustom yang bisa kamu buat, mulai dari poster berisi quote, desain abstrak, album musik, sampai dengan poster film yang diedit.

Kamu bisa menjajakan poster-poster karyamu kepada target pasar yang memiliki rumah baru sampai dengan baru memiliki usaha restoran sampai dengan cafe.

6. Barang Handcrafted

Buat kamu yang pecinta seni, menjual barang handcrafted bisa menjadi pilihan yang menarik.

Barang handcrafted bisa berbagai macam rupa. Lukisan, dompet, case dan cover barang, sampai dengan kerajinan kulit bisa menjadi beberapa pilihan menarik untuk kamu jual.

Kalau kamu memilih ide bisnis ini sebagai solopreneur, disarankan agar tingkat produksinya nggak besar karena tentunya bisa melelahkan buat kamu.

7. Produk Perawatan Tubuh

Merawat tubuh menjadi sebuah keharusan di era sekarang karena tentunya orang-orang ingin tampil lebih baik secara penampilan.

Inilah peluang yang bisa kamu manfaatkan sebagai seorang solopreneur. Kamu bisa membuat racikan produk perawatan tubuh kamu sendiri sendiri body wash, sabun, sampai dengan face wash.

Namun, tantangannya adalah kamu harus mencari keunikan dan ciri khas yang membuat produk perawatan tubuh kamu berbeda bila dibandingkan produk perawatan lain yang sudah ada di pasaran, termasuk yang merupakan produk dari brand besar.

Contact Us