Figure Blog

Memulai dan Membangun Usaha Sendirian alias Jadi Solopreneur, Begini 7 Tipsnya!

18 Nov 2022

Stockers, ada yang terpikir untuk memulai dan membangun usaha sendirian alias jadi solopreneur

Kalau iya, kamu tiba di waktu yang pas!

Kami tahu betapa menantangnya proses memulai dan membangun usaha sendirian.

Oleh karena itu, di bawah ini kami sajikan 7 tips agar kamu bisa memulai dan membangun usaha kamu sendirian dengan lebih lancar!

7 Tips Memulai dan Membangun Usaha Sendirian dengan Lebih Lancar!

1. Temukan Titik Awalmu

Dalam memulai dan membangun usaha sendirian, kamu tentunya perlu memiliki titik awal sendiri.

Titik awal ini bisa apa saja: Alasan kamu ingin membangun usaha sendirian alias menjadi solopreneur, bidang usaha atau passion yang ingin kamu tekuni, hingga apa yang ingin kamu raih dengan menjadi solopreneur.

2. Jangan Ragu Gunakan Tools yang Tepat

Dalam menjadi solopreneur, kamu memulai dan membangun usaha benar-benar sendirian tanpa campur tangan siapapun. Tanpa rekan bisnis, tanpa satupun pegawai.

Namun, kekurangan atau risiko yang kamu alami tersebut bisa ditutupi dengan kehadiran beragam tools dan aplikasi yang tepat sebagai perpanjangan tangan kamu dalam mengelola berbagai aspek dalam bisnis kamu.

Di luar sana, ada aplikasi point of sale untuk membantu kamu mengelola transaksi. Ada pula aplikasi finansial dan keuangan untuk mengatur keuangan usahamu. Ada juga aplikasi manajemen gudang dan inventori untuk memudahkanmu mengelola persediaan barang yang ada.

Meskipun kamu harus mengeluarkan sedikit uang untuk berlangganan tools tertentu, nggak masalah! Yang terpenting, uang yang kamu keluarkan sepadan dengan kualitas dan benefits dari aplikasi tersebut.

3. Belajar Dari Pengalaman

Seiring berjalannya waktu menjadi seorang solopreneur, kamu akan merasakan asam garam yang beragam.

Kamu akan jatuh, kamu akan kebingungan, kamu akan bangkit, kamu akan salah melakukan perhitungan, kamu akan salah mengambil keputusan. Dan seterusnya, dan seterusnya.

Ini adalah bagian dari perjalanan. Yang kamu bisa lakukan hanya belajar dan terus memahaminya, agar ke depannya kamu nggak mengulanginya atau setidaknya, memperkecil risiko kejadian tersebut terulang.

Ilustrasi Solopreneur Sedang Bekerja

Sumber: Freepik.com

4. Bangun Kebiasaan yang Baik dan Efektif

Membangun kebiasaan baru saat sedang membangun usaha sendiri memang nggak mudah. Namun, kebiasaan baru tersebut adalah sesuatu yang kamu perlukan.

Tentukan jam berapa kamu harus bangun dan mempersiapkan dirimu. Tentukan juga bagaimana kamu harus merapikan dan membersihkan tokomu (Apabila kamu punya offline store).

Hal-hal di atas adalah hal-hal yang sifatnya masih mendasar. Kamu jelas membutuhkan kebiasaan baru yang baik dan efektif terkait banyak hal dalam bisnis, termasuk ketika berhubungan dengan pelanggan, menjalankan operasional, hingga bernegosiasi dengan pemasok.

5. Fokus Pada Organisasi

Karena kamu melakukan dan menjalankan semuanya sendiri dalam usahamu, organisasi atau keteraturan jadi salah satu hal yang perlu diprioritaskan.

Kamu tentunya nggak mau menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mencari kembalian, invoice, hingga mengambil persediaan barang yang letaknya entah di mana.

Dengan menjalankan bisnis secara teratur, kamu bisa fokus dan meluangkan waktu ke berbagai aspek lain yang juga sama pentingnya dalam bisnis kamu.

6. Manfaatkan Kebebasan Diri

Sebagai solopreneur, kamu punya satu keunggulan, yakni kebebasan untuk mengatur waktu sendiri.

Karena keunggulan itulah, kapan harus bekerja dan kapan harus berhenti sejenak. Kamu pun juga bisa mengatur di mana kamu akan bekerja dan bagaimana cara kerjamu.

Yang jelas, dengan kebebasan tersebut, kamu harus dapat meningkatkan bukan hanya bisnismu, tetapi juga dirimu sendiri.

7. Walau Segalanya Butuh Uang, Tapi Uang Bukan Segalanya

Dalam menjalani usaha sendirian, mencari pundi-pundi uang sebesar-besarnya memang sesuatu yang umum jadi tujuan.

Namun, satu hal yang perlu kamu ingat: Walau segalanya membutuhkan uang, tapi uang bukanlah segalanya.

Oleh karena itu, kalau kamu merasa lelah atau mentok, istirahatlah. Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak demi kesehatan fisik dan mental kamu. Berliburlah, atau habiskan waktumu bersama keluarga dan teman-teman.

Jangan sampai kamu memaksakan diri hanya untuk mencari uang tanpa henti. Ketika kamu ambruk, usaha kamu jelas akan berhenti total.

Contact Us