Figure Blog

7 Ide Rewards untuk Diberikan Pelanggan dalam Program Referral Marketing Kamu!

22 May 2023

Referral marketing menjadi salah satu metode marketing yang menarik untuk diterapkan. Pasalnya, metode ini sangat memanfaatkan kekuatan word of mouth untuk bisa menggaet pelanggan baru untuk usahamu.

Agar word of mouth bisa terus berjalan dalam metode marketing ini, dibutuhkan rewards yang menarik untuk bisa diperoleh para pelanggan setia kamu.

Kali ini, kami punya beberapa rekomendasi rewards yang menggoda biar referral marketing kamu berjalan ampuh dan efektif!

7 Ide Rewards untuk Pelanggan dalam Program Referral Marketing Kamu!

1. Diskon Produk

Diskon produk adalah bentuk rewards paling umum untuk diterapkan dalam program referral marketing kamu.

Diskon yang kamu terapkan ini bisa untuk beberapa produk tertentu saja ataupun untuk semua produk dengan satu harga yang sama yang sudah dipotong.

2. Poin Loyalti

Kalau usaha kamu menerapkan kartu loyalti atau kartu member sederhana, kamu bisa coba menerapkan poin loyalti.

Cara kerjanya sederhana: Ketika seorang pelanggan baru mendapat referral atau referensi dari kamu, maka kamu akan memperoleh poin loyalti yang jumlahnya 2 - 3 kali lipat dari ketika kamu biasanya berbelanja.

Pelanggan kamu pun bisa cepat memperoleh poin lebih banyak untuk dibelanjakan kembali.

3. Voucher Gratis

Di samping poin atau potongan harga, voucher gratis bisa menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan untuk jadi reward dari referral marketing kamu.

Voucher ini bisa berupa voucher harga atau voucher belanja yang bisa ditukarkan dengan nominal belanja tertentu. Voucher ini bisa dipakai sebagai pengganti uang tunai atau saldo uang untuk berbelanja.

4. Hadiah Personal

Memberikan hadiah yang sifatnya personalized sebagai reward adalah cara yang baik untuk memberikan apresiasi yang sifatnya personal buat mereka.

Apabila kamu menjual produk graphic tees, kamu bisa memberikan reward seperti tees yang desainnya bisa dikustom. Contoh lain: Apabila kamu menjual produk berupa botol minum, kamu bisa memberikan produk tumbler dengan grafir inisial dari pelanggan kamu.

5. Akses Spesial

Kamu punya produk atau jasa baru yang masih kamu kembangkan? Keduanya bisa kamu jadikan bagian dari referral marketing kamu.

Dengan akses spesial, pelanggan bisa mencoba produk atau jasa baru kamu dan ikut memberi masukan untuk produk atau jasa tersebut.

Di samping itu, akses spesial ini juga merupakan cara yang menarik untuk membangun hype dan bikin pelanggan ikut menunggu-nunggu soal produk atau jasa kamu.

6. Upgrade Gratis

Upgrade gratis adalah cara yang terjangkau atau hemat kantong untuk usahamu yang ingin memberikan reward kepada pelanggan.

Misalkan, untuk setiap pembelian produk berukuran kecil, ada upgrade gratis secara otomatis ke ukuran sedang atau besar sesuai pilihan pelanggan. Namun, cara ini umumnya lebih cocok untuk usaha jasa.

7. Reward Levels

Pemberian reward yang sama mungkin bisa bikin pelanggan jadi bosan.

Daripada begitu, kamu bisa mencoba memakai reward levels atau stages. Dengan cara ini, setiap kali pelanggan baru hadir karena referral dari seorang pelanggan, maka pelanggan yang memberikan referral bisa mendapat reward yang lebih baik.

Contact Us