Figure Blog

Dark Store: Konsep Baru Bisnis Ritel untuk Penuhi Online Order! (+3 Alasan Kamu Harus Menerapkannya)

21 Oct 2022

Mengelola dan memenuhi online order bisa jadi tantangan tersendiri dan bisa membuatmu kewalahan.

Terlebih lagi jika kamu hanya memiliki offline store yang digunakan untuk melayani pelanggan yang berbelanja langsung sekaligus memenuhi online order.

Untuk menjawab masalah ini, kamu bisa terapkan konsep bernama dark store.

Konsep seperti apa dark store itu? Bagaimana cara kerjanya, dan kenapa kamu harus menerapkan konsep ini untuk bisnis kamu?

Apa itu Dark Store?

Dark store pada dasarnya merupakan suatu konsep bisnis ritel yang umumnya diterapkan untuk memenuhi online order.

Dark store sendiri berbentuk seperti offline store pada umumnya. Hanya saja, yang membedakan dark store dengan toko ritel pada umumnya adalah dark store nggak melayani pembelian secara langsung di toko karena hanya memenuhi online order saja.

Itu berarti, ketika kamu menerapkan konsep bisnis ritel yang satu ini, pelanggan nggak bisa datang langsung ke toko untuk membeli produk yang ia inginkan.

Seperti Apa Dark Store Itu?

Dark store sejatinya mirip dengan bisnis ritel biasa atau offline store pada umumnya.

Hanya saja, karena dark store sifatnya digunakan untuk mengelola online order, nggak ada bagian kasir di dalam dark store.

Dengan kata lain, dark store tak ubahnya seperti gudang atau fulfillment center yang berisi berbagai rak dan peralatan penyimpanan stok barang yang digunakan untuk mengelola dan memenuhi online order yang diterima.

Konsep Dark Store

Sumber: Freepik.com

Bagaimana Proses Operasional di Dalam Dark Store?

Dalam menjalankan dark store, kamu wajib memiliki beberapa hal penting ini

Kamu akan butuh sebuah sistem manajemen stok barang yang sesuai kebutuhanmu, sekelompok pegawai untuk mengelola stok barang dan online order yang diterima, dan peralatan pergudangan dan rak-rak penyimpanan yang umum ada di gudang.

Setelah kamu siap untuk memenuhi online order, maka alurnya akan terlihat seperti berikut ini.

Online order akan masuk ke dalam sistem. Kamu bisa segera memeriksanya dan melakukan konfirmasi. Selanjutnya, ambil barang yang dipesan dan lakukan pengemasan yang layak. Terakhir, minta kurir untuk melakukan pickup. Jangan lupa untuk mencatat tiap pesanan ke sistem POS toko kamu.

3 Alasan Kamu Harus Menerapkan Dark Store!

1. Lebih Fokus & Efisien

Dark store membantu kamu untuk memisahkan operasional untuk online order dan operasional untuk melayani pelanggan yang berbelanja secara offline.

Dampaknya, kamu bisa memenuhi online order dengan lebih fokus dan efisien. Kamu nggak akan terdistraksi dengan operasional di offline store kamu dan kedua operasional tersebut nggak akan bertabrakkan satu sama lain.

2. Kapasitas Lebih Besar

Dark store memiliki space fisiknya tersendiri. Akibatnya, dark store memiliki ruangan yang cukup luas dan mampu menampung lebih banyak stok barang.

Alhasil, kamu pun bisa menyimpan lebih banyak stok barang dan bisa memenuhi online order dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kamu juga nggak perlu takut kehabisan stok barang.

3. Memenuhi Online Order Lebih Cepat

Karena sifatnya yang menyerupai gudang, dark store memungkinkan kamu memenuhi online order dalam waktu yang singkat.

Kamu bisa segera mengambil stok barang yang dipesan pelanggan, melakukan pengemasan, dan kemudian meminta kurir untuk melakukan pickup barang dengan segera.

Pelanggan kamu nggak harus menunggu lama agar barangnya sampai ke tangan kurir untuk kemudian dikirimkan kepada pelanggan kamu.

Kesimpulan

Dark store adalah konsep bisnis ritel yang membawa segudang manfaat untuk kamu yang ingin memenuhi online order dengan lebih baik dan cepat.

Kamu jadi nggak perlu menyatukan operasional untuk memenuhi online order dan memenuhi permintaan belanjan langsung dalam satu tempat. Alhasil, proses operasional keduanya akan jauh lebih lancar, cepat, dan efisien.

Contact Us