Figure Blog

Pick List: Faktor Penting untuk Manajemen Order dengan Tepat & Akurat!

17 Mar 2023

Salah satu tantangan yang umum dihadapi kamu sebagai pemilik usaha bagaimana mengelola pesanan pelanggan namun tetap menjaga kerapihan dan keteraturan stok barang dan gudang yang dimilikinya.

Kelihatannya cukup berat, namun tersedia solusi sederhana untuk meraih dua tujuan tersebut.

Solusi itu terletak pada pick list gudang kamu!

Apa yang Dimaksud dengan Pick List?

Pick list merujuk kepada daftar yang berisi informasi mengenai pesanan pelanggan secara mendetail. Daftar ini akan diberikan kepada pekerja gudang atau pegawai yang bertugas dalam manajemen order pelanggan.

Meski hanya daftar yang berisi pesanan pelanggan, pick list akan menentukan bagaimana kamu bisa memenuhi order dari pelanggan dengan tepat dan akurat sembari memastikan persediaan barang kamu tetap rapi dan teratur.

2 Jenis Pick List untuk Gudang Kamu

1. Pick List Fisik

Pick list fisik adalah pick list yang menggunakan beberapa lembar kertas yang dibuat dan diisi informasinya secara manual. Pick list ini banyak digunakan jauh sebelum kemunculan aplikasi inventory & warehouse management.

2. Pick List Digital

Pick list digital adalah pick list yang berasal dari aplikasi inventory management atau dibuat secara digital menggunakan software khusus.

Dengan pick list digital, pekerja gudang bisa memahami data order dengan lebih mudah dan bahkan mengetahui stok barang yang dipesan pelanggan dengan gambar yang disematkan.

Mengintip Konten dari Pick List

Pick list umumnya akan berisi beberapa informasi berikut ini:

1. Informasi Pesanan

Konten pertama yang bisa kamu temukan di dalam pick list adalah informasi pesanan.

Informasi pesanan umumnya meliput stok barang yang dipesan oleh pelanggan, jumlah stok barang yang dipesan, hingga informasi mengenai adanya tambahan atau perubahan dari pesanan pelanggan (Seperti kustomisasi atau pesanan khusus).

2. Informasi Pelanggan

Konten selanjutnya di dalam pick list adalah informasi umum mengenai pelanggan kamu.

Bukan hanya nama pelanggan saja, tetapi juga informasi kontaknya seperti nomor telepon hingga email. Informasi pelanggan seperti ini akan memudahkan kamu menghubungi pelanggan apabila ada kendala mengenai stok barang atau pengirimannya.

3. SKU Stok Barang

SKU stok barang jelas menjadi salah satu konten pick list yang nggak boleh terlewatkan.

Dengan SKU stok barang, pegawai kamu akan dengan mudah mengenali stok barang yang dipesan pelanggan dan mengetahui lokasi stok barang tersebut berada. Pengambilan stok barang jadi jauh nggak menghabiskan banyak waktu.

4. Nomor Pesanan

Konten terakhir yang ada di dalam pick list umumnya adalah nomor pesanan.

Nomor pesanan, atau bisa disebut nomor referensi, akan sangat membantu bila sewaktu-waktu ada masalah yang menghampir stok barang yang kamu kirimkan kepada pelanggan, misalnya ada kendala pengiriman, kerusakan barang, hingga kebutuhan retur.

Kesimpulan

Pick list adalah faktor yang akan sangat menentukan bagaimana kamu bisa mengelola order atau pesanan dari pelanggan dengan akurat sembari menjaga keteraturan dan kondisi gudang dan stok barang kamu.

Selalu lengkapi informasi pick list kamu dan ke depannya kamu nggak akan menghadapi banyak masalah mengenai pesanan dan pengiriman barang kepada pelanggan.

Di samping itu, oleh karena kemajuan teknologi di masa sekarang, baiknya kamu menggunakan pick list digital yang bersifat otomatis dan bisa di-update dengan cepat.

Kamu juga bisa memakai Onstock yang bisa membantu kamu mengecek setiap barang yang dipesan pelanggan dan detail pesanan yang dibutuhkan, membantu kamu memenuhi pesanan pelanggan dengan akurat!

Contact Us