Figure Blog

Planogram: Panduan Merancang Layout Toko dengan Tepat dan Mudah buat Bisnis Kamu!

11 Oct 2022

Merancang layout toko bukan hanya soal memilih rak yang kamu suka dan menempatkan setiap produk sesuai kategori produknya masing-masing.

Merancang layout toko memerlukan kecermatan dan ketepatan sehingga kamu dapat memaksimalkan potensi dari toko kamu.

Agar layout toko kamu bisa lebih terencana dan membawa keuntungan nggak hanya untuk kamu, tetapi juga pelanggan kamu, saatnya buat kamu untuk merancang layout toko dengan planogram!

Mengenal Planogram untuk Merancang Layout Toko

Planogram adalah salah satu alat yang wajib ada apabila kamu berencana atau sudah memiliki toko fisik untuk bisnis kamu.

Planogram adalah alat yang digunakan secara khusus untuk merancang layout toko fisik kamu.

Lebih dari sekadar merancang layout toko, planogram juga memperhatikan penempatan produk, rak display, hingga lokasi kasir.

Nggak hanya itu, planogram juga membantu kamu untuk memiliki gambaran tentang alur perpindahan pelanggan dari pertama kali masuk hingga pada akhirnya melakukan pembelian.

Rak Display Produk di Toko

Sumber: Freepik.com

Keuntungan Menggunakan Planogram untuk Toko Kamu

1. Memaksimalkan Ruang di Toko

Planogram akan membantu kamu mengetahui seberapa besar space yang kamu punya di toko kamu untuk melakukan penataan produk dan penempatan rak display. Kamu akan lebih mudah menentukan jenis dan ukuran rak yang diperlukan serta bagaimana penempatan produk seharusnya dilakukan.

Hal ini pun juga akan memengaruhi bagaimana kamu menata dan menempatkan setiap produk di gudang. Dampaknya, setiap ruang di gudang pun jadi lebih maksimal untuk lebih dimanfaatkan.

2. Membantu Meningkatkan Penjualan

Plangoram adalah alat yang bisa membantu kamu mengetahui bagaimana pemosisian rak display dan penempatan produk bisa memengaruhi perilaku pelanggan saat berbelanja. Untuk memudahkan hal tersebut, kamu bisa mencocokkan planogram dengan data penjualan dalam periode tertentu.

Bila kamu rasa penjualan kamu sangat dipengaruhi oleh posisi rak display dan penempatan produk yang kurang efektif, kamu bisa melakukan penyesuaian untuk kedua hal tersebut.

Penyesuaian ini akan memungkinkan kamu untuk menarik minat beli pelanggan dan meningkatkan penjualan dari produk tertentu.

3. Meningkatkan Tampilan Visual

Di samping pengaruhnya terhadap space dan penjualan, planogram sangat memengaruhi daya tarik toko kamu melalui tampilan visual yang disajikan. Tampilan visual ini jadi salah satu faktor yang akan menentukan bagaimana pelanggan lihat dan rasa tentang toko kamu.

Melalui rak display yang tertata rapi dan penempatan produk yang konsisten, toko kamu akan terlihat lebih menarik dan konsisten secara visual.

Bagaimana Membuat Planogram?

1. Berkonsultasi dengan Ahli

Salah satu cara terbaik untuk membuat planogram adalah dengan ahlinya.

Kalau kamu memang bisa membuat planogram sendiri namun membutuhkan opini atau rekomendasi yang sesuai tentang layout toko kamu, cobalah berkonsultasi dengan ahli planogram.

Namun, jika kamu memang nggak bisa membuat planogram sendiri dan menginginkan hasil yang pasti tanpa banyak repot, kamu bisa menggunakan jasa ahli planogram untuk membuatkan planogram toko kamu.

2. Gunakan Software Khusus

Bila kamu bisa membuat planogram sendiri, kamu hanya butuh software khusus untuk melakukannya. Beragam software seperti SmartDraw dan Shelf Logic bisa membantu kamu membuat planogram dengan beragam fitur yang sangat membantu.

3. Gambar secara Manual

Salah satu cara alternatif untuk membuat planogram adalah dengan melakukannya secara manual. Kamu cuma butuh alat gambar, alat tulis, dan kertas saja. Biar nggak bingung, kamu bisa browsing terkait template atau format planogram yang banyak tersedia di Internet sebagai acuan.

Contact Us