Figure Blog

SKU Analysis: Panduan Menganalisa SKU di Gudangmu

31 Oct 2023

Analisa adalah proses yang tidak bisa lepas dari bagaimana kamu menjalani usaha. Setiap harinya, kamu perlu menganalisa berbagai hal, mulai dari penjualan, pelayanan, sampai operasional usahamu.

Namun, seringkali ada satu hal yang bisa jadi tidak terlalu rutin untuk kamu analisa: SKU. Padahal, SKU atau persediaan barang akan sangat menentukan kelancaran operasional di gudangmu dan memengaruhi aspek lain seperti penjualan di masa depan.

Berhadapan dengan fakta ini, kamupun membutuhkan metode khusus yang disebut SKU analysis. Apa itu SKU analysis dan seperti apa proses menjalaninya?

Mengenal SKU Analysis

SKU analysis adalah sebuah proses mengawasi jumlah SKU yang dimiliki usahamu dan menganalisa data SKU yang tersedia untuk bisa memperoleh masukan yang berarti dan mengambil keputusan terbaik untuk usaha dan gudangmu.

SKU analysis secara dasar berhubungan dengan proses restocking, di mana kamu harus menentukan kapan dan berapa banyak jumlah persediaan baru yang harus kamu pesan.

Dalam prosesnya ini, kamu juga bisa memperoleh informasi dan data mengenai berbagai jenis inventory yang tersedia di dalam usahamu dan mengelompokkannya sesuai dengan tingkat penjualan atau perputarannya.

Mengapa SKU Analysis Perlu Kamu Lakukan?

1. Mengurangi SKU Proliferation

Semakin besar dan berkembang sebuah usaha, ada kecenderungan bagi usaha tersebut untuk menciptakan variasi produk yang beragam. Meski bisa mengundang pendapatan yang lebih besar, hal ini bisa membebani usahamu kalau variasi tersebut tidak terjual dengan baik.

Efek terbesarnya? Gudangmu semakin sempit karena menumpuknya jumlah SKU atau persediaan produk, membuat kamu harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk manajemen gudang.

Dengan rutin melakukan SKU analysis, kamu bisa menghindari SKU proliferation. Persediaan barang bisa terkendali dan kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan banyak biaya karena banyak persediaan barang yang menumpuk.

2. Menekan Persediaan Produk yang Kurang Menguntungkan

Tidak semua produk yang kamu jual akan memberi keuntungan besar. Sebagian besar berkontribusi untuk sedikit persentase dari keuntunganmu, sementara sebagian besar keuntunganmu berasal dari satu atau dua produk best seller dan beberapa produk lain yang tidak selaku best seller.

Terkhusus untuk produk yang minim kontribusi terhadap keuntunganmu, kamu perlu menekan jumlahnya ke tingkat yang seminimal mungkin. Jangan biarkan jumlah produk yang sama sekali kurang menguntungkan justru mendominasi katalog produkmu.

SKU analysis bisa membantumu mengenai hal ini. Dengan menganalisa SKU mana yang kurang menguntungkan, kamu bisa memutuskan untuk tidak menjual produk tersebut di masa depan. Kamu bisa memasukkannya untuk bundling atau diskon agar tetap bisa terjual walaupun kamu harus merugi. Yang terpenting, produk tersebut tidak membebani gudangmu dan jadi kadaluarsa.

Langkah-langkah Melakukan SKU Analysis

1. Lakukan Rasionalisasi

Rasionalisasi adalah sebuah langkah krusial dalam melakukan SKU analysis, di mana dalam langkah ini kamu akan menghitung tingkat keuntungan dan biaya dari setiap SKU yang kamu punya di gudangmu.

Dengan menghitung semua keuntungan dan biaya dari setiap SKU, kamu bisa menentukan mana SKU yang mesti kamu lanjutkan dan mana SKU yang mesti kamu hentikan penjualannya.

2. Cari Data yang Diperlukan

Kalau kamu ingin hasil yang lebih detail, kamu bisa mencari data-data yang detail mengenai riwayat SKU dan penjualan kamu. Dari sini, kamu bisa mengamati perubahan-perubahan yang terjadi terkait penjualan dan persediaan barang yang kamu punya.

Data yang detail akan membantumu semakin mantap mengambil kesimpulan atas kondisi SKU dan gudangmu.

3. Temukan Penyebab Masalah dan Solusi

SKU analysis selanjutnya dilakukan dengan mengidentifikasi SKU apa saja yang membebani gudangmu dan masalah serta penyebab dari hal tersebut.

Dari sini, kamu bisa menemukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah mengenai SKU yang berlebihan sehingga kamu dapat menguranginya.

Kesimpulan

SKU analysis perlu menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika kamu akan mengelola setiap SKU yang kamu punya. Dengan efek dan kemudahan yang diberikannya, SKU analysis bisa turut memengaruhi cara kamu menangani SKU di masa depan.

Agar kamu bisa lebih detail lagi menganalisa SKU dan memperoleh data yang kamu butuhkan terkait SKU, Onstock siap menyediakan laporannya buat kamu! Sistem reporting yang real-time dan detail akan memudahkanmu mengetahui riwayat penjualanmu sekaligus memperoleh informasi SKU yang detail.

Contact Us