Figure Blog

5 Cara Paling Umum untuk Investasi Keuntungan Usahamu

5 Dec 2023

Adalah sebuah prinsip umum bagi suatu usaha untuk memutar keuntungannya. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan usaha tersebut agar lebih maju ke depannya dan bisa bertahan dalam jangka panjang.

Untuk kamu yang baru memulai usaha dan ingin memikirkan berbagai cara agar usahamu bisa bertahan lama, berikut ini beberapa cara paling populer yang bisa kamu terapkan untuk menginvestasikan ulang keuntungan yang usahamu miliki.

5 Cara Paling Umum untuk Dipakai Menginvestasikan Keuntungan Usahamu

1. Upgrade Peralatan dan Layanan

Cara paling umum untuk menginvestasikan usahamu sehingga tetap bisa survive hingga jangka panjang adalah meningkatkan kualitas peralatan, teknologi, sampai dengan layanan yang diberikan.

Misalkan, kalau sebelumnya kamu mengelola stok barang secara manual, kamu bisa upgrade dengan menggunakan aplikasi manajemen gudang terkini. Dari segi layanan, kamu bisa memperbarui prosedur kerja usahamu dan membuka online store mandiri di luar platform eCommerce.

2. Rekrutmen Pegawai

Kamu mungkin bisa mempertimbangkan menambah pegawai atau staf baru untuk membuat operasional dan layanan usahamu tambah efektif.

Kamu harus ingat bahwa kamu mesti merekrut pegawai yang paling sesuai untuk usahamu sehingga investasi yang kamu lakukan tidak sia-sia.

Di sisi lain, investasi untuk team bonding dan membangun kultur kerja yang positif akan membantu pegawaimu tetap bahagia dan kamu tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk mencari pegawai baru hanya karena pegawaimu yang sekarang tidak bahagia.

3. Mengembangkan Produk Baru

Menjual produk yang itu-itu saja hanya akan bikin pelanggan jenuh. Pelanggan ingin dijawab masalahnya atau diberikan solusi dalam bentuk produk yang terus diperbarui lagi dari segi fitur atau penampilan hingga bahkan produk baru yang lebih baik lagi.

Oleh karena itu, produk baru adalah sebuah kewajiban untuk usaha yang ingin berkembang dan bertahan lama. Pelanggan ingin diberikan sesuatu yang lebih baik lagi secara kontinu dan produk baru atau yang diperbarui adalah jawabannya.

4. Budget Pemasaran

Terkadang, pemasaran adalah soal budget yang kamu miliki. Budget yang terbatas tentu akan membatasi pilihan strategi dan metode pemasaran yang bisa kamu gunakan.

Bila kamu memiliki budget lebih yang bersumber dari keuntungan usahamu, kamu bisa menginvestasikannya untuk pemasaran usahamu. Untuk kondisi terkini, kamu bisa menggunakan keuntungan usahamu untuk social media marketing sampai dengan digital marketing.

Seiring waktu, kamu perlu melakukan testing dan mencari tahu mana metode pemasaran yang paling tepat. Hal ini ditujukan agar budget yang kamu keluarkan bisa tepat guna dan efektif untuk mendatangkan pelanggan baru.

5. Membayar Utang Usaha

Kehadiran utang memang bisa membantu usahamu lebih produktif, tapi utang usaha yang terlalu menumpuk bisa jadi bumerang untuk usahamu.

Karenanya, kamu mesti sebisa mungkin meringankan utang usahamu dengan keuntungan yang kamu peroleh. Utang usaha yang lebih ringan akan membantu arus kasmu lebih positif dan membuatmu lebih fleksibel untuk menambah utang baru yang produktif.

Kesimpulan

Kunci dari kelangsungan usaha yang bertahan lama adalah bagaimana kamu memutar keuntunganmu dan untuk apa keuntungan tersebut.

Cari tahu bagaimana cara terbaik untuk memutar keuntunganmu dan untuk apa keuntungan tersebut, dan niscaya usahamu akan terjamin lebih stabil dan bertahan lama.

Contact Us