Figure Blog

5 Tips Lakukan Manajemen Material agar Bahan Baku Produksi Lebih Terkendali!

8 Feb 2023

Produksi yang lancar bergantung pada seberapa baik dan tepat usaha kamu melakukan manajemen material atau bahan baku untuk produksi.

Ketika kamu punya cara-cara manajemen material yang baik, produksi pun bisa dilakukan dan kamu akan dengan mudah dan efektif memenuhi permintaan pelanggan.

Agar kamu bisa melakukannya, beberapa tips berikut bisa kamu terapkan untuk usaha kamu.

5 Tips Manajemen Material agar Bahan Baku Produksi Usahamu Lebih Terkendali!

1. Miliki Perencanaan yang Detail

Manajemen material atau bahan baku yang baik selalu diawali dengan perencanaan yang detail dan menyeluruh.

Perencanaan yang detail ini perlu meliputi klasifikasi, penempatan, hingga standar prosedur untuk menangani dan mengelola material atau bahan baku produksi.

2. Bangun Koneksi dengan Beragam Pemasok

Manajemen material atau bahan baku erat kaitannya dengan pemasok bahan baku itu sendiri.

Dalam hal ini, kamu perlu membangun dan memiliki koneksi yang kuat dengan beragam pemasok. Apabila kamu hanya memiliki koneksi atau relasi dengan satu atau dua pemasok saja, kamu akan kesulitan untuk menjalankan produksi apabila sewaktu-waktu mereka mengalami kendala.

Untuk itu, dengan memiliki koneksi dengan beragam pemasok, kamu akan lebih mudah menjalankan produksi karena punya beragam alternatif pasokan. Kamu pun juga bisa memperoleh bahan baku produksi dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Manfaatkan Ketersediaan Teknologi

Apalah artinya manajemen material atau bahan baku bila kamu nggak memanfaatkan teknologi berupa aplikasi khusus untuk membantumu manajemen bahan baku.

Aplikasi seperti Onstock memungkinkan kamu untuk mengatur bahan baku produksi hingga membuat bill of material (Resep untuk produksi barang yang akan kamu jual). Kamu pun jadi tahu apa saja yang dibutuhkan untuk produksi dan membuat proses produksi jadi lebih mudah.

4. Pesan Bahan Baku secara Jitu

Pemesanan bahan baku yang tepat perlu didasarkan atas data.

Ketiadaan data yang akurat akan bikin proses pemesanan bahan baku jadi lebih sulit. Pasalnya, kamu jadi nggak tahu berapa banyak kuantitas bahan baku yang harus dipesan dan mana yang perlu dipesan terlebih dahulu.

Saat kamu sudah memiliki data bahan baku yang akurat, pemesanan bahan baku akan jadi lebih mudah karena kamu tahu apa dan berapa jumlah bahan baku yang kamu butuhkan untuk proses produksi dalam usaha kamu.

5. Minimalkan Jarak Penyimpanan Bahan Baku

Agar proses produksi lebih efisien, pemindahan bahan baku perlu dilakukan dengan cepat.

Untuk mengakali hal ini, kamu bisa merancang tempat penyimpanan bahan baku agar lebih dekat dengan tempat produksi.

Selain hemat waktu, kamu juga nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memindahkan bahan baku atau material produksi. Kamu juga nggak memerlukan banyak peralatan khusus untuk melakukan pemindahan bahan baku.

Alhasil, hemat waktu, tenaga, dan biaya!

Contact Us