Figure Blog

Discord Marketing: Panduan Memakai Discord untuk Digital Marketing Bisnis Kamu!

29 Sep 2022

Kalau bicara soal digital marketing untuk bisnis, apa biasanya media atau aplikasi yang akan disebut oleh orang-orang?

Sebagian besar orang akan menyebutkan aplikasi Instagram. Sebagian lainnya akan menyebutkan Facebook atau mungkin TikTok.

Tapi, apakah kamu tahu bahwa ada aplikasi lain yang sejatinya memungkinkan kamu untuk melakukan digital marketing untuk bisnis kamu namun jarang disebut dan dipakai banyak bisnis?

Kini, saatnya kamu berkenalan dengan aplikasi tersebut yang punya nama Discord!

Mengenal Aplikasi Discord

Discord pada dasarnya bukanlah aplikasi yang ditujukan untuk digital marketing.

Discord sejatinya merupakan aplikasi perpesanan instan yang awalnya ditujukan untuk para komunitas gamers. Aplikasi ini dikembangkan oleh para pendirinya untuk berkomunikasi dan berdiskusi tentang strategi mereka ketika bermain sebuah online game. Mereka pun menciptakan aplikasi komunikasi untuk bermain online game namun sama sekali nggak memengaruhi performa gaming.

Untuk berkomunikasi di dalam Discord, kamu bisa membuat sebuah ruangan yang disebut sebagai server. Di dalamnya, kamu bisa berkomunikasi dengan chatting, voice call, hingga video call. Kamu sebagai pemilik server bisa menambah bots yang memiliki beragam fungsi sekaligus menambah user experience di dalam server, mulai dari memutar musik, membuat meme, hingga menjalankan voting atau polling.

Walau banyak digunakan oleh para gamer, Discord kini mulai banyak digunakan oleh orang-orang yang bukan gamer. Kini, kamu bahkan bisa menemukan beragam komunitas non-gaming di Discord, seperti komunitas saham, keuangan, hingga penikmat sepakbola.

Kelebihan Discord

1. Membangun Komunitas Lebih Mudah

Karena Discord sejak awal di-branding sebagai aplikasi komunikasi yang mengutamakan komunitas dan kebersamaan, Discord pun menjadi pilihan utama apabila kamu ingin membangun komunitas untuk orang-orang yang punya pikiran serupa dengan kamu.

Lebih lanjut lagi, fitur-fitur yang tersedia pun mendukung hal tersebut. Community building pun jadi lebih mudah tercapai.

2. Beragam Fitur yang Memperkaya User Experience

Fitur-fitur yang tersedia di Discord bukan hanya mendukung proses kamu dalam membangun grup atau komunitas tertentu, tetapi juga memperkaya user experience.

Dengan keberadaan fitur-fitur yang menarik, komunikasi dengan teman-teman kamu pun terasa lebih menyegarkan dan berwarna.

Kapan lagi kamu menemukan dan menggunakan aplikasi komunikasi yang di dalamnya kamu bisa membuat meme hingga memutar musik sesuai keinginan kamu?

3. Mudah Digunakan

Walau terkesan berat, nyatanya Discord begitu mudah digunakan.

Proses untuk pengaturan di awalnya memang akan terasa sedikit bertele-tele, namun kamu akan mendapatinya mudah untuk digunakan. Kamu nggak butuh waktu lama untuk benar-benar menguasai penggunaan aplikasi ini.

Pengguna Komputer Menggunakan Aplikasi Discord

Sumber: Freepik.com

Kekurangan Discord

1. File Sharing Terbatas

Discord memang memungkinkan kamu untuk berbagi beragam jenis file yang ada di perangkat mobile atau desktop kamu.

Sayangnya, fitur ini cukup terbatas. Pasalnya, ukuran file maksimum untuk dibagikan kepada orang lain di Discord sangatlah kecil, yakni 8 MB.

Kalau kamu ingin membagikan file yang ukurannya lebih besar dari itu, kamu harus berlangganan paket Nitro yang disediakan oleh Discord yang memungkinkan kamu untuk menggunakan beragam fitur dan add-ons yang lebih variatif dan menarik.

2. Pemulihan saat Server sedang Down

Sama seperti aplikasi komunikasi lainnya, server dari Discord pun pasti akan down.

Namun, proses pemulihan pasca down ini yang seringkali dikeluhkan oleh pengguna. Pasalnya, proses pemulihan bisa berjalan agak lambat sehingga menghambat dan mengurangi kenyamanan pengguna dalam memakai Discord.

5 Cara Memakai Discord untuk Digital Marketing

1. Membangun Komunitas untuk Pelanggan

Cara terbaik untuk melakukan digital marketing dengan menggunakan Discord adalah dengan membangun server untuk pelanggan.

Dengan menyediakan server untuk pelanggan, kamu bisa membangun komunitas dengan lebih mudah dan memungkinkan pelanggan kamu untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Sediakan beragam bots menarik untuk membuat para pelanggan kamu jadi lebih nyaman ketika sedang ada di server.

Kamu dan para pegawai kamu pun bisa ikut aktif berkomunikasi dan berdiskusi dengan pelanggan, memungkinkan kamu dan para pegawai kamu untuk membangun relasi yang lebih dekat dan kuat.

2. Mengadakan Event Spesial

Dengan beragam fitur yang menarik, kamu bisa mengadakan event spesial dengan mudah di Discord

Kamu bisa mengadakan event seperti live streaminggiveaway, hingga berbagai kontes menarik untuk pelanggan dan menyediakan beragam reward untuk mereka. Ajak juga beragam influencer untuk bergabung dan meramaikan event tersebut.

3. Media Utama untuk Customer Service

Jika biasanya customer service tersedia di aplikasi seperti media sosial hingga aplikasi komunikasi lain seperti Instagram, WhatsApp, hingga Facebook, kamu bisa menerapkan sesuatu yang lebih beda: Menggunakan Discord untuk menyediakan layanan pelanggan atau customer service.

Menggunakan Discord sebagai bagian dari customer service tentunya jadi menarik. Pasalnya, kamu bisa membantu pelanggan sekaligus membangun komunikasi dan relasi yang lebih dekat. Kamu dan pelanggan nggak lagi terkesan sebagai pemilik bisnis dan pelanggan, melainkan sebagai sesama kawan. Hubungan yang terjalin pun lebih dari sekadar hubungan formal.

Contact Us