Figure Blog

3 Tips yang Bikin In Store Marketing Kamu Makin Tokcer!

5 Apr 2024

Melakukan pemasaran langsung di dalam toko alias in store marketing adalah salah satu cara langsung untuk meyakinkan pelanggan di tokomu untuk membeli produkmu.

Kamu bisa menerapkan beberapa metode seperti upselling untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan sampai memberikan free sample untuk bikin pelanggan tertarik membeli produkmu.

Agar in store marketing yang kamu gunakan bisa semakin efektif dalam mendorong pelanggan membeli produkmu, beberapa tips yang kerap luput dari perhatian ini bisa kamu coba!

3 Tips Sederhana yang Bikin In Store Marketing Kamu Makin Tokcer!

1. Miliki Staf Ahli

Staf yang ahli akan menjadi garda terdepan dalam memasarkan produkmu langsung di dalam toko dan membantu pelanggan selama proses belanja mereka.

Staf ahli di sini bukan hanya staf yang sudah berpengalaman bekerja di ritel atau toko saja, tetapi yang juga mengerti produk yang dijual kepada pelanggan.

Misalnya, kalau kamu menjual produk berupa peralatan mendaki gunung, maka kamu harus mempekerjakan satu atau dua orang yang memang mengerti atau memiliki pengetahuan soal pendakian gunung dan peralatan yang akan dipakai.

2. Buat Online Catalog

Ketika pelanggan akan berbelanja pertama kali secara langsung ke tokomu, biasanya ada keraguan di dalam diri mereka

Mereka akan bertanya-tanya tentang produk seperti apa yang kamu jual, apakah produk tersebut benar-benar sesuai kebutuhan mereka atau tidak, sampai harga produk yang kamu tawarkan.

Hal ini umumnya terjadi pada pelanggan yang baru melihat-lihat atau menemukan brand kamu secara online. Agar kamu mudah meyakinkan mereka untuk datang ke toko fisikmu secara langsung, online catalog punya peran penting.

Online catalog bertindak sebagai daftar produk yang kamu jual dan bisa pelanggan lihat melalui Internet. Katalog produk seperti ini, bila dirancang dengan lengkap dan deskriptif, bisa mendorong pelanggan untuk segera berbelanja langsung di tokomu tanpa ragu.

3. Bangun Atmosfer Belanja yang Nyaman

Di samping mengatur layout toko dan penataan produk yang ciamik dan menarik perhatian mata, pemilik usaha harus ingat untuk membangun atmosfer belanja yang nyaman dan membuat pelanggan betah.

Atmosfer belanja ini bukan hanya soal dekorasi saja, tetapi lebih dari itu. Kamu bisa memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih dari standar, seperti menyediakan snack atau minuman gratis untuk pelanggan yang berbelanja sampai memutar musik yang menenangkan.

Selain itu, jangan lupa juga latih staf kamu untuk membuat pelanggan tetap merasa nyaman dan seolah tidak "ditempel" selama berbelanja. Pastikan staf kamu benar-benar jadi staf yang membantu dan responsif akan kebutuhan pelanggan. Biarkan pelanggan miliki kebebasan saat melihat-lihat produkmu.

Kesimpulan

In store marketing memang merupakan metode yang sangat efektif untuk memasarkan produkmu selama pelanggan ada di dalam toko, namun tanpa implementasi 3 tips di atas, pengalaman belanja pelanggan selama di dalam tokomu akan terasa hambar dan kurang memuaskan.

Contact Us